Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Permohonan Ditolak Pengadilan Swedia, Pendiri Wikileaks Segera Ditangkap

Sabtu 04 Dec 2010 09:39 WIB

Red: Krisman Purwoko

Julian Assange

Julian Assange

REPUBLIKA.CO.ID,Pengadilan Tinggi Swedia telah menolak permohonan pendiri Wikileaks Julian Assange agar surat penangkapannya yang berhubungan dengan kasus perkosaan dicabut.

Kepolisian Swedia hari Kamis mengatakan, mereka akan mengeluarkan surat penangkapan baru untuk Assange, yang menggantikan surat sebelumnya yang dinyatakan tidak sah karena kesalahan prosedur.

Assange, yang telah menimbulkan kehebohan internasional karena membocorkan jutaan dokumen rahasia, sedang dicari untuk diinterogasi mengenai tuduhan perkosaan dan pelanggaran seks lainnya di Swedia. Mantan hacker komputer Australia itu belum kelihatan oleh umum selama sebulan dan diyakini sedang bersembunyi di sebuah tempat rahasia di Inggris tenggara.

Pengacaranya yang berbasis di London, Mark Stephens, mengatakan, baik pihak berwajib Inggris maupun Swedia mengetahui bagaimana menghubunginya.

Di Washington, sekelompok Senator Amerika hari Kamis mengajukan rancangan undang-undang yang hendak membuat ilegal penerbitan nama-nama informan yang bertugas dalam masyarakat intelijen dan militer Amerika.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA