Jumat 03 Dec 2010 02:22 WIB

Clijsters Raih Penghargaan Petenis Terbaik Wanita

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA--Kim Clijsters, yang lima gelarnya pada 2010 termasuk mahkota AS Terbuka keduanya diraihnya secara berturut-turut, dinobatkan sebagai 'Player of the Year' (pemain terbaik) WTA saat hasil pemungutan suara itu diumumkan, Rabu (1/12).

Petenis putri Belgia berusia 27 tahun, yang juga memenangi penghargaan yang sama pada 2005, meraih gelar juara di Brisbane, Miami, Cincinnati ,dan turnamen tutup musim WTA Championships di Doha serta, memperoleh gelar ketiganya di Flushing Meadows, demikian laporan AFP.

Hanya setahun setelah kembali bermain usai istirahat karena cedera dan membina rumah tangga, Clijsters terpilih untuk memenangi penghargaan tertinggi itu melalui pemungutan suara para pemain dan penghargaan 'Player Service' karena mendukung tenis putri di luar lapangan.

"Menyenangkan memenangi piala `Player of the Year` hanya setahun` setelah kembali," kata Clijsters. "Sementara saya tidak mengira ini akan terjadi begitu cepat, saya terharu. Tahun ini saya bertemu banyak gadis baru dan sangat bagus karena banyak di antara mereka juga memberi reaksi positif pada putri saya Jada."

Justine Henin, yang kembali ke WTA Januari lalu, terpilih sebagai "Comeback Player of the Year" WTA. Ia mencapai final Brisbane, kalah dari rekan senegaranya Clijsters pada turnamen pertamanya setelah kembali beraksi, dan menjadi runner-up Australia Terbuka dalam turnamen besar pertamanya setelah istirahat setahun. Henin memenangi gelar di lapangan tanah liat Stuttgart dan lapangan rumput s-Hertogenbosch.

Bintang Rusia Maria Sharapova memenangi 'Humanitarian of the Year' karena pekerjaannya sebagai Duta PBB. Ia mengunjungi Chernobyl dan menghabiskan waktu bersama anak-anak korban bencana di sana.

Petenis Argentina Gisela Dulko dan Flavia Pennetta dari Italia memenangi penghargaan ganda terbaik tahun ini. Pasangan nomor satu dunia saat akhir tahun itu meraih tujuh gelar, termasuk WTA Championships, dan menikmati kemenangan 17 pertandingan beruntun sepanjang musim.

Petenis Cheska berusia 20 tahun Petra Kvitova, yang mencapai semifinal Grand Slam pertamanya di Wimbledon, dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik sementara petenis Rusia Elena Dementieva, yang pensiun dari WTA pada Oktober, memenangi penghargaan sportivitas dalam tur tersebut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement