Jumat 19 Nov 2010 18:15 WIB

Wagub Jabar Jamu Musisi Dunia Berbasis Tradisional

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf menjamu para musisi dunia yang memiliki karya berbasis tradisional, seperti Sarah & Maika Gomez Tukunak dari Spanyol dan Kamal Musallam dari Dubai di Gedung Sate, Bandung, Kamis (18/11) malam.

Para musisi dunia tersebut merupakan pengisi acara dalam kegiatan Monju West Java World Music Festival, yang akan berlangsung di Monumen Perjuangan, Jalan Dipati Ukur Bandung, pada tanggal 19 dan 20 November 2010. "Program ini memberikan kesempatan kepada seniman di daerah untuk bisa manggung bersama dengan seniman-seniman internasional, karena kita memiliki musisi tradisional seperti samba sunda," kata Dede Yusuf, usai menjamu para musisi internasional tersebut dalam acara Welcome Dinner yang berlangsung di Aula Barat Gedung Sate.

Pihaknya merasa bangga karena sejumlah musisi internasional bisa tampil dalam acara tersebut. "Saya ingin membuktikan bahwa musik etnik atau tradisional tidak mati dan akan tetap ada. Saya bangga dengan adanya acara Monju ini," kata Wagub. Dalam acara tersebut, beberapa musisi dunia tersebut seperti Maika Gomez T'Tukunak dari Spanyol penampikan suara merdu dan kepiawaiannya bermain gitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ir Herdiwan, acara Monju West Java World Music Festival 2010 merupakan kemasan musik kekinian dan pesta musik nusantara, sebuah perhelatan musik tradisional dunia yang ditempa sebagai sebuah karya yang telah mengalami proses eksplorasi dan akulturasi.

Menurut Herdiwan, perhelatan yang berskala internasional ini menyajikan materi utama pertunjukan musik dunia yang didukung oleh kegiatan lainnya seperti workshop, diskusi, bazaar dan pertunjukkan happening art.

Selain menampilkan musisi tradisional dari Jawa Barat, seperti Samba Sunda, Namin D'bajidor, Malire, Rengkong Itenas, seniman fenomenal Darso, sejumlah musisi dunia seperti Patrick Shaw Iversen & Rune Broendbo dari Norwegia, Colin Bass dan Jenny Weisgerber dari Jerman, Kamal Musallam (Dubai), Ron Reeves/ Warogus dari Australia-Indonesia, Sarah & Maika Gomez T'Tukunak dari Spanyol akan memeriahkan acara tersebut.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement