Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Tuesday, 12 Zulqaidah 1442 / 22 June 2021

Vulkanolog Jepang: Kubah Tipe Merapi Berubah Sejak Letusan 2006

Sabtu 13 Nov 2010 06:21 WIB

Rep: A.Syalaby Ichsan/ Red: Djibril Muhammad

Gunung Merapi

Gunung Merapi

Foto: Tahta/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Vulkanologis dari Universitas Kyoto, Masato Iguchi, menjelaskan ada kemiripan antara gunung merapi di Jepang dengan gunung merapi. Menurut Iguchi, kesamaan itu terletak pada kubah lava seperti yang terlihat di gunung api Unzen di Kyushu dan gunung Miyakejima. Namun, menurut Iguchi, kubah lava merapi berubah sejak letusan pada 2006.

Oleh karena itu, ungkapnya, kubah tipe merapi sudah berubah. "Proyek Merapi is not style anymore," ujar Iguchi usai jumpa pers di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Jumat (12/11).

Iguchi mengaku punya analisis mengapa bentuk kubah lava merapi berubah. Namun, ia mengatakan hanya akan menjelaskan hal tersebut kepada Ketua Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono. Bukan kepada publik.

Lebih lanjut, Iguchi menjelaskan ada salah satu gunung api di Jepang yang juga sempat mengalami perubahan tipe kubah lava. Iguchi mengatakan perubahan tersebut terjadi ketika gunung Miyakejima meletus. Menurutnya, gunung di daerah Arai, Jepang tersebut memiliki kawah baru seluas 1 km dengan tinggi 10 Km. "Ada aliran lava setiap 20 tahun," ujarnya.

Iguchi menjelaskan perubahan tersebut terjadi karena volume magma di tubuh gunung miyakejima terus bergerak. Namun untuk merapi, Iguchi menjelaskan belum dapat mengatakan perubahan apa yang terjadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA