Rabu 03 Nov 2010 00:32 WIB

Pemkab Sleman Bangun Perumahan Sementara untuk Korban Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Pemerintah Kabupaten Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta merencanakan membangun "shelter" atau rumah tinggal sementara untuk korban letusan Gunung Merapi yang rumahnya rusak berat. "Para pengungsi yang rumahnya selamat bisa kembali ke rumahnya masing-masing.  Kami tentunya akan memikirkan warga yang rumahnya rusak berat, kemungkinan dengan membangun 'shelter' sebagai tempat tinggal sementara," kata Bupati Sleman Sri Purnomo di Posko Penanggulangan Bencana Kabupaten Sleman, di Pakem Selasa.

Menurut dia, saat ini memang belum dapat dirinci jumlah rumah yang rusak berat akibat terjangan awan panas Gunung Merapi tersebut. "Kalau ada 300 kepala keluarga (KK) yang kehilangan rumah tentunya kami akan membangun 300 'shelter' dan untuk lokasinya akan akan ditentukan kemudian," katanya.

Ia mengatakan, rencana pembangunan 'shelter' ini sudah dibicarakan dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X serta beberapa pihak yang ingin membantu di antaranya "International Organnization for Migration (IOM).

"Kami juga belum memikirkan apakah nantinya warga ini akan direlokasi keluar dari Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Merapi atau tidak. Tentunya ini juga harus dibicarakan dengan warga," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman juga akan berusaha membantu para warga yang kehilangan sumber penghasilannya akibat bencana Merapi ini. "Semua tentunya kami pikirkan, sekarang kami masih fokus untuk penanganan para pengungsi pada masa tanggap darurat ini, untuk mencukupi semua kebutuhan pengungsi," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement