Jumat 29 Oct 2010 22:22 WIB

DPD Sumbar Dirikan Posko Bantuan Mentawai

Korban Tsunami Mentawai
Foto: antara
Korban Tsunami Mentawai

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sumatra Barat mendirikan posko guna menghimpun bantuan untuk korban gempa dan tsunami Mentawai. "Untuk tahap awal posko akan mengumpulkan bantuan tanggap darurat berupa makanan, obat-obatan dan selimut yang akan dibawa langsung oleh tim relawan menuju Mentawai sore ini," kata Anggota DPD-RI daerah pemilihan Sumatera Barat, Ema Yohana yang juga menjabat koordinator posko bantuan di Padang, Jum'at (29/10).

Menurut Ema, posko tersebut akan menghimpun bantuan dari para donatur baik yang ada di pusat dan daerah untuk kemudian disalurkan menuju Mentawai oleh tim yang telah dibentuk bekerja sama dengan Muhammadiyah Sumatra barat.

"Hingga saat ini, posko bantuan DPD-RI telah mengumpulkan bantuan dalam bentuk uang senilai Rp 50 juta yang berasal dari dana penanggulangan bencana sumbangan empat orang anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatra Barat serta dari Telkom dalam bentuk barang senilai Rp 200 juta," lanjut Ema.

Dikatakannya, selain membawa bantuan, posko DPD RI juga mengirimkan relawan, dokter dan perawat serta kendaraan roda dua guna memudahkan mobilisasi di Mentawai. "Relawan DPD RI akan membuka pos pengobatan untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan obat bagi korban tsunami," kata dia.

Ia mengatakan saat ini kendala terbesar dalam penyaluran bantuan ke Mentawai adalah transportasi yang memakan biaya besar mengingat sulitnya medan menuju ke lokasi bencana. Posko bantuan DPD-RI yang berlokasi di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Padang tersebut rencana akan dibuka hingga satu bulan ke depan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement