Rabu 27 Oct 2010 05:15 WIB

UPN Veteran Kembangkan Budidaya Bunga Krisan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran  Yogyakarta membangun tempat untuk membudidayakan dan mengembangkan bunga krisan di Hargobinangun, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembangunan tempat pembudidayaan dan pengembangan bunga krisan ini merupakan program pelaksanaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran sebagi bentuk kepedulian kepada masyarakat.

"Tujuannya adalah mengupayakan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang agro di masyarakat. Kami memilih daerah Hargobinagun, selain suhu udara yang cocok untuk perkembangan bunga krisan, juga karena di lokasi tersebut masih banyak lahan tidur milik para petani yang belum termanfaatkan,"  kata Kepala Sub Bidang Pertanian LPPM UPN `Veteran` Yogyakarta, Arie Wijayani Purwanto, di Yogyakarta, Selasa.

Pembudidayaan bunga Crisan ini telah lama dilakukan yakni sudah berjalan sejak satu tahun yang lalu. "Di daerah Hargobinangun terdapat dua lokasi tempat pembudidayan dan pembibitan bunga krisan ini, salah satunya adalah di desa Wonokerten" katanya.

Selain itu ia mengatakan, tujuan utama untuk membangun lokasi pembudidayaan bunga krisan ini adalah untuk memberikan ketrampilan kepada para petani, selain menanam padi mereka juga dapat membudidayakan tanaman jenis lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. "Selain ingin memberikan pengetahuan yang baru bagi para petani, kami juga ingin membantu para petani untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya yakni dapat meningkatkan pendapatanya dan sekaligus sebagai ajang tempat KKN mahasiswa sebagai bentuk implementasinya selama memperoleh teori di bangku kuliah,"katanya.

Di lokasi pembudidayaan dan pembibitan bunga krisan terdapat sekitar 13 kelompok tani yang membudidayakan Bunga Crisan tersebut, mereka juga tergabung dalam asosiasi bunga Crisan Yogyakarta, katanya. Arie mengatakan, sejauh ini hasil budidaya bunga krisan oleh kelompok tani tersebut di jual kepada para penjual bunga di Yogyakarta. "Saat ini wilayah pasar bunga Crisan ini masih dalam area Yogyakarta saja," katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement