Sabtu 16 Oct 2010 03:10 WIB

Hujan Deras Semalam, Sidoarjo Tergenang

Rep: Arif S/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Hujan deras sepanjang Kamis malam membuat Sidoarjo, Jatim tergenang. Kota yang juga digenangi lumpur Lapindo itu kini bak terkepung air.

Beberapa jalan raya di kota udang itu ikut terendam. Jalan Mayjen Sungkono yang letaknya di belakang pendopo kabupaten tak luput dari genangan air.

Selain itu, permukiman di sekitar Bluru, Lemah Putro, dan Kwadengan pun kebanjiran. Air yang menggenang di perumahan itu ada yang mencapai 50 centimeter. Banyak pula rumah warga yang ikut terendam.

Hal serupa juga terjadi di Pandean Jetis. Luapan air sungai Jetis meluber hingga perkampungnan penduduk. "Di sini permukaan air sungai memang lebih tinggi dari permukiman penduduk," kata Sudarto, warga Pandean Jetis.

Dampak lain dari bajir adalah kemacetan lalu lintas. Sepanjang pagi tadi (15/10), Sidoarjo dilanda kemacetan yang luar biasa. Akses jalan menuju gerbang tol Sidoarjo dipenuhi kendaraan yang antre hingga beberapa kilo meter. Jarak sekitar satu km dari pintu gerbang tol yang biasanya bisa ditempuh dalam 10 menit, tadi pagi harus dilewati dalam waktu 1,5 jam.

 

Kondisi ini diperparah oleh tersumbatnya saluran air di sekitar genangan itu. "Banyak saluran air yang tak berfunngsi dan membuat banjir tak segera surut," kata Rahmat Santoso, warga Kwadengan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement