Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Siapkan Dana Rp 1 Triliun, Telkom Berencana Akusisi Satu Perusahaan

Rabu 13 Oct 2010 08:17 WIB

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Telkom Tbk menyiapkan dana sekitar Rp1 triliun untuk mengakuisisi satu perusahaan. Akuisisi perusahaan tersebut dimaksudkan untuk memperbesar bisnis perseroan.

"Proses penawaran saham yang akan diakuisisi sudah mencapai tahap `due dilligence` (uji tuntas), yang diharapkan terealisir sebelum akhir tahun ini (2010)," kata Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa.

Rinaldi tidak merinci nama perusahaan yang akan diambilalih perseroan tersebut. "Ada satu perusahaan. Tapi karena alasan kerahasiaan, maka namanya tidak akan saya sebut dulu," ujarnya.

Ia hanya menjelaskan, Telkom bersaing dengan dua perusahaan lain untuk dapat mengakuisisi perusahaan yang dimaksud.

Adapun sumber dana pembiayaan akuisisi tersebut akan diambil dari internal kas perusahaan. "Nilai akuisisi masih belum diketahui. Tergantung hasil penawaran," katanya.

Meski gencar melakukan akuisisi, namun Telkom juga sedang melakukan divestasi saham  PT Patrakom, dan PT Citra Sari Makmur (CSM). Saham Telkom pada Patrakom mencapai 40 persen, sedangkan pada CSM sebesar 25 persen. Saat ini tercatat sejumlah perusahaan sudah menyatakan minat mengambilalih saham Patrakom.

Rinaldi menuturkan, butuh waktu merealisasikan penjualan transaksi tersebut, karena tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. Rinaldi beralasan, pelepasan saham di kedua perusahaan itu, karena bisnis yang digeluti dua perusahaan itu sudah ada pada anak perusahaan Telkom lainnya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA