Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Vettel Penguasa Sirkuit Suzuka

Senin 11 Oct 2010 08:44 WIB

Rep: Ratna Puspita/ Red: Budi Raharjo

Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID,SUZUKA--Dari lintasan balap Formula 1, Sebastian Vettel berhasil memperpendek jarak dengan rekan setimnya di Red Bull, Mark Webber, pada klasemen sementara pebalap setelah meraih kemenangan pada balapan di sirkuit Suzuka, Jepang, Ahad (10/10). Hasil ini membawa pebalap Red Bull Racing tersebut berada di urutan kedua bersama Fernando Alonso dengan selisih 14 angka dari Webber.

Pebalap Jerman tersebut start dari urutan terdepan setelah mencatat waktu tercepat pada sesi kualifikasi yang digelar Ahad pagi. Selanjutnya, Vettel yang tahun lalu juga berhasil meraih juara di Suzuka dengan mulus meraih finis dengan keunggulan 0,9 detik di depan Webber. Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, yang memenangi dua balapan sebelumnya finis di urutan ketiga.

"Ini hari yang luar biasa. Pagi hari saya meraih pole position dan siangnya saya melanjutkannya. Ini fantastis," kata Vettel hang mencatat tiga kemenangan musim ini. "Saya sangat, senang dan kemenangan ini datang pada waktu yang tepat."

Webber yang start dari posisi kedua sempat kehilangan posisinya dari pebalap Renault, Robert Kubica. Beruntung, Kubica harus keluar pada lap ketiga setelah mengalami masalah pada mesinnya. Webber pun kembali ke posisi kedua.

Dengan tiga balapan tersisa, Alonso dan Vettel pun berpeluang untuk menggeser Webber dari puncak klasemen. Namun, Webber yang terakhir menang pada Agustus lalu di Hungaria yakin dia akan mampu memenangi sisa balapan berikutnya untuk memenangi gelar tahun ini. "Kami memiliki tiga balapan tersisa. Saya harus menang pada balapan selanjutnya dan saya yakin mampu melakukannya," kata Webber.

Pebalap McLaren, Jenson Button, satu dari lima pesaing merebut juara dunia, gagal pada perjudiannya menggunakan ban keras dan hanya finis di urutan empat. Hasil ini membuat Button merosot ke urutan lima dengan koleksi 189 poin.

Rekan setim Button, Lewis Hamilton, finis di urutan lima. Melengkapi posisi 10 besar berturut-turut adalah Michael Schumacher, Kamui Kobayashi, Nick Heidfeld, Ruben Barrichello dan Sebastien Buemi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA