Sabtu 09 Oct 2010 08:31 WIB

BKMG: Pantura Jawa Berpotensi Angin Kencang

REPUBLIKA.CO.ID TEGAL--Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tegal, Jawa Tengah, memprakirakan dalam beberapa hari ke depan kondisi cuaca di wilayah pantai utara Pulau Jawa masih berpotensi terjadi angin kencang disertai petir."Potensi angin kencang dan petir masih berpeluang terjadi di pantura Pulau Jawa hingga akhir Oktober mendatang," kata Prakirawan Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tegal Layla Isnaeni di Tegal, Jumat.

Menurut dia, angin kencang yang disertai petir akibat dipicunya meningkatnya awan cumolonimbus dan naik turunnya arus udara. Angin kencang yang seperti terjadi di Kabupaten Pemalang dan Slawi belum lama ini, katanya, diperkirakan akan masih terulang lagi di sejumlah daerah pantura sehingga masyarakat diimbau waspada. "Potensi angin kencang ini bisa terjadi pada siang hari hingga malam hari sehingga kami meminta warga lebih waspada terhadap fenomena alam ini," katanya.

Ia mengatakan angin puting beliung dan petir merupakan fenomena transisi atau pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan. Meskipun saat ini masih tergolong musim kemarau, katanya, intensitas hujan di beberapa wilayah pantai utara masih tinggi, yaitu sekitar 150 milimeter.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement