Rabu 06 Oct 2010 17:07 WIB

Uppss...Di Inggris Kotoran Manusia Segera Jadi Sumber Energi

REPUBLIKA.CO.ID,Inggris bersiap-siap memanfaatkan kotoran manusia sebagai sumber energi secara luas di wilayahnya setelah sebuah pemukiman di Oxfordshire berhasil memanfaatkan sebagai sumber energi pemanas ruangan.  Rumah-rumah di Didcot, 16 kilo meter Oxford, menjadi yang pertama di Inggris yang menggunakan kotoran manusia sebagai sumber gas untuk pemanas ruangan.

Sejumlah 200 rumah di Oxforshire akan menggunakan biometana yang terbuat dari limbah kotoran mereka sendiri yang telah dibuang tiga minggu sebelumnya. British Gas, Thames Water, dan Scotia Gas Network sekarang berharap bisa menjalankan proses yang sama di seluruh Inggris.

Menurut arahan Uni Eropa, pada 2020 15 persen dari energi yang digunakan di Inggris harus berasal dari sumber yang terbarukan. Martin Orril, kepala bidang energi, teknologi, dan inovasi dari British Gas kepada BBC mengatakan bahwa memanfaatkan gas dari kotoran manusia dan mensuplainya dalam jaringan nasional merupakan langkah logis bagi Inggris untuk mencapai target Uni Eropa itu.

Ia menambahkan bahwa para pelanggan tidak boleh merasa jijik tetapi sebaliknya bangga karena ambil bagian adalam usaha daur ulang. "Mereka tidak akan bisa membedakannya karena sumber energi yang diperbaharui itu tidak beraroma dan infrastrukturnya pun telah tersedia,' kata Orril.Semua prosesnya akan memakan waktu hanya 23 hari.

Praktik penggunaan 'anaerobic disgester', mekanisme pengelola bakteri, untuk mengubah feces menjadi bahan pembangkit tenaga listrik sudah dibangun dengan baik di selutuh negara itu.Pembangkit tenaga listrik yang dibangun British Gas di pusat pengolahan limbah Thames Water di Didcot membersihkan biogas sisa yang diproduksi dan mengubahnya menjadi biometana yang cocok digunakan untuk kompor dan sistem pemanas rumah.

Kathryn Rushton (45) ibu dua anak adalah salah satu dari mereka yang menggunakan gas yang disuplai dari limbah kotoran manusia. "Saya berkata kepada anak-anak saya tentang hal itu dan awalnya mereka menutup hidung mereka tetapi kemudian mereka menganggap itu gagasan yang cemerlang," kata Rushton.

"Itu terbuat dari sesuatu yang kita produksi dan bisa diperbaharui. Kita berusaha untuk menemukan energi baru jadi kita harus menggunakan apa saja yang kita dapatkan. Saya pendukung energi itu," tegas Rushton. Perusahaan energi lainnya termasuk United Utilities dan Ecotriciy juga telah mengumumkan rencana mereka untuk mengijeksi biometana ke dalam jaringan mereka di masa mendatang.

Cara pengolahan limbah kotoran manusia menjadi sumber energi gas melalui beberapa tahap. Pertama kotoran-kotoran manusia dari pemukiman di tampung tangki-tangki penampungan. Kotoran itu kemudian diolah dalam 'anaerobic disgesters' yang kemudian mengubahnya menjadi gas metana. Selain gas metana dihasilkan juga pupuk dan air bersih.

Gas metana itu kemudian dialirkan ke pembangkit pembangkit biogas yang kemudian mengalirkannya ke rumah-rumah untuk digunakan sebagai bahan bakar kompor atau pemanas ruangan.

sumber : ant/BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement