Selasa 05 Oct 2010 03:33 WIB

Duh, 40 Persen Pelajar di Malang Pernah Lakukan Hubungan Seks

Rep: Asan Haj/ Red: Endro Yuwanto
Katakan tidak untuk seks bebas/ilustrasi
Foto: ant
Katakan tidak untuk seks bebas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Hasil penelitian yang dilakukan CV Orbit Nusantara, konsultan Balitbang Pemkab Malang, Jawa Timur sangat mengejutkan dan menghebohkan. Sebab, berdasarkan hasil temuan itu, 40 persen pelajar di wilayah Kabupaten Malang pernah melakukan seks alias hubungan suami istri.

Temuan yang sempat diekspose itu menimbulkan pro dan kontra. Maklum, jumlah responden yang hanya 404 orang dan metodologi yang digunakan masih diragukan. Apalagi, penelitian itu dilakukan  mulai Juni hingga Agustus 2010 lalu.

Makanya, wajar bila Wabup Malang, Rendra Kresna, sangat panik saat dikonfirmsi soal temuan pelanggaran asusila di tingkat pelajar SMA  itu. Bahkan, dia sangat marah karena merasa tidak dilapori soal hasil temuan itu.

‘’Saya sangat meragukan hasil penelitian itu. Saya berkeyakinan hasil penelitian itu tidak valid, karena tak sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk itu saya akan meminta Balitbang Pemkab Malang untuk memberikan klarifikasi soal tersebut,’’ ujar Rendra, Senin (4/10).

Rendra menilai jumlah 40 persen dari pelajar setingkat SMA itu sangat banyak. Jika pelajar SMA, MA, SMK dan yang sederajat di wilayah Kabupaten Malang ada sekitar 36 ribu, maka sesuai hasil penelitian tersebut, siswa yang pernah melakukan seks ada sekitar 16 ribu siswa lebih.

Oleh karena itu, Rendra sangat tidak percaya dengan hasil penelitian tersebut. Dia berjanji akan memanggil Balitbang Pemkab Malang tersebut. Rendra yang terpilih menjadi Bupati Malang periode 2010-2015 ini bahkan mengancam akan memberikan sanksi tegas bila hasil penelitian tersebut tak bisa dipertanggungjawabkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement