Kamis 16 Sep 2010 03:51 WIB

Terminal Bekasi Dipadati Ribuan Penumpang

Rep: c32/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Pada hari keempat setelah lebaran, Rabu (15/9) mulai terlihat kepadatan penumpang di terminal Bekasi, Jawa Barat. Komandan Regu A, Terminal Bekasi, Tedy Abdul Hakim saat ditemui wartawan di terminal mengatakan tidak semua penumpang armada bus udik turun di terminal. "Ada yang turun di keluar pintu tol timur, di jalan Cut Mutia, dan Bulak Kapal" kata dia, Rabu (15/9).

Tedy meguraikan jumlah penumpang pada H+1 atau pada Ahad (12/9) berjumlah 5.085, pada H+2 jumlah sedikit berkurang yaitu sekitar 5.010. Pada Selasa (14/9) atau tepatnya pada H+3 penumpang di terminal Bekasi mencapai 7.150.

Menurutnya prediksi puncak arus balik kemungkinan akan terjadi pada Sabtu (18/9) dan Ahad (19/9). Sebab pada Senin (20/9) anak-anak sekolah sudah mulai melakukan aktifitas belajar.

Jumlah armada bus yang masuk keterminal setiap harinya seitar 350 armada bus. Penumpang sendiri didominasi berasal dari Jawa Barat dengan jumlah kedatangan bus sekitar 180-an bus.

Sementara di Stasiun Bekasi, pada H+4 hingga pukul 13.30 jumlah kedatangan penumpang kereta dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat berjulah 3.189, jumlah itu sudah melebihi jumlah H+3 pada lebaran tahun lalu, yaitu sekitar 2.372 penumpang. "Puncak arus balik diprediksi pada Sabtu dan Ahad mendatang" ujar Wakil Kepala Stasiun Kota Bekasi, Edi Sarwono saat dtemui di kantornya, Rabu (15/9).

Menurutnya jumlah penumpang pada hari terakhir liburan sekolah itu bisa mencapai sekitar tiga ribuan penumpang. Sementara pada H+3 jumlah penumpang yang tiba di stasiun Bekasi mencapai 2.735.

Sembilan kereta tambahan lebaran dari rute Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat masih dioperasikan. Dengan sepuluh gerbong pada setiap rangkaian keretanya.

Sementara pantauan di sentral komunikasi Jasa Marga Jakarta-Cikampek arus lalu lintas di sekitar tol tersebut ramai lancar. Hanya pada sekitar pukul 12.00 kendaraan di gerbang tol Pondok Gede Timur arah Jakarta terlihat padat, namun tidak berlangsung lama. "Prediksi waktu puncak padatnya kendaraan arus balik tidak bisa dipastikan kapan" ujar petugas Jasa Marga, Ade Priatna.

Ade mengatakan pada Ahad (12/9) sempat teradi kepadatan kendaraan, namun untuk hari ini terlihat ramai lancar sebab di jalur Pantura pun terlihat lancar. "Biasanya jalur pantira pada persimpangan Jomin padat namun hari ini lancar" kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement