Senin 13 Sep 2010 23:06 WIB

Besok, Puncak Arus Balik di Terminal Lebak Bulus

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kepala Terminal Lebak Bulus, Ferdinand Karel Wowor, memprediksi puncak arus balik di terminal Lebak Bulus akan terjadi pada Selasa (14/9) malam, atau H+3. H+3 diprediksinya menjadi puncak arus balik dikarenakan sebagaian kantor di Jakarta kembali buka pada hari, Rabu (15/9).

Umumnya bus yang akan memasuki Terminal adalah angkutan yang berangkat dari sejumlah kota di Jawa Tengah dan Timur, seperti Purwokerto, Wonosobo, Madiun, dan Surabaya.

"kami telah siagakan petugas untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diprediksi akian mencapai puncaknya besok," kata Wowor.

Sebagai antisipasi membludaknya jumlah penumpang, pengelola Terminal Bus Antarkota Antar Propinsi (AKAP) Lebak Bulus telah menyediakan ruang penumpang tambahan. Selain ruang transit penumpang, pengelola terminal juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti ruang kesehatan, pos keamanan, dan toilet. "Fasilitas itu telah dioprasikan sejak arus mudik dan terus dioperasikan hingga H+7," ungkapnya.

Demi menghindari terjadinya tindak kriminalitas, terminal Lebak Bulus mendapat bantuan keamanan dari kepolisian. Total, 65 personel dari Polres Metro Jakarta Selatan diterjunkan.

"Petugas akan disiagakan di tiap titik keramaian. Kami juga mendapat tambahan 10 petugas kemanan dari Brimob (Brigade Mobil )," jelas Wowor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement