Ahad 12 Sep 2010 03:18 WIB

H+1 Lebaran, Bogor Dipadati Wisatawan Lokal

Rep: c31/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Bogor masih menjadi pilihan masyarakat Bogor maupun luar Bogor untuk menghabiskan liburan. Terlebih, saat ini bertepatan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriah.

Tempat yang dipilih biasanya adalah tempat wisata populer di kota hujan ini, seperti The Jungle, Taman Safari Indonesia, dan Kebun Raya Bogor.Di Kebun Raya Bogor (KRB), walaupun mengalami penurunan pengunjung, tapi tetap menarik minat masyarakat untuk melihat puluhan ribu koleksi tanaman di KRB.

"Memang ada penurunan dibandingkan angka tahun kemarin. Hari pertama lebaran tahun ini, sekitar 2472 tiket terjual, mengalami penurunan sekitar lima persen. Sedangkan hari kedua lebaran tahun ini hingga pukul 14.00 sekitar sembilan ribuan tiket terjual. Jadi diprediksi sekitar 11 ribu tiket terjual hingga jam tutup KRB," kata Amas, Humas KRB saat ditemui di KRB, Sabtu (11/9).

Hari kedua lebaran, kata Amas, mengalami penurunan 15 persen apabila dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada lebaran kedua tahun lalu. Amas menambahkan, penurunan ini dikarenakan beberapa hal. "Kalau hari pertama karena jatuh pada Hari Jumat, waktunya sangat singkat dan hujan deras yang mengguyur Kota Bogordari siang. Kalau hari ini, karena masih banyak bersilaturahmi ke keluarga mereka," kata dia.

Diperkirakan hari H+2 baru mengalami kenaikan. "H plus 2 kami prediksi sekitar 20 ribu tiket terjual," ujar Amas.

Selain pengunjung lokal, pengunjung mancanegara pun tertarik untuk melihat-lihat 15 ribu koleksi tanaman dan 8 ribu koleksi anggrek di KRB. "Hari ini ada sekitar 50 pengunjung dari mancanegara yang datang ke KRB," tutur Amas.

Harga tiket masuk KRB tergolong murah, hanya 10 ribu rupiah, sudah termasuk memberikan donasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) senilai 500 rupiah. "Donasi untuk PMI ini berlaku sejak 1 Sepetember lalu, ini karena kami peduli untuk membantu sesama," kata Amas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement