Sabtu 28 Aug 2010 02:37 WIB

Konversi Maybank Syariah Tertunda

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: Budi Raharjo
Maybank Malaysia
Maybank Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Konversi Maybank Indocorp menjadi Maybank Syariah tertunda karena rencana pemisahan (spin off) unit usaha syariah (UUS) BII ke Maybank Syariah. Rencana spin off ini masih menjadi perdebatan di internal Maybank.

‘’Kalau hanya konversi Maybank Indocorp menjadi Maybank Syariah, sudah selesai sebenarnya, jadi ada 11 BUS (bank umum syariah),’’ papar Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI), Mulya Siregar, di Jakarta, Jumat (27/8).

Tapi belakangan, ujar dia, UUS BII pun ingin dimasukkan ke Maybank Syariah. Maybank Malaysia adalah pemegang saham mayoritas BII. Sementara Maybank Indocorp adalah cabang Maybank Malaysia di Indonesia. Rencana semula, papar Mulya, Maybank Syariah hasil konversi Maybank Indocorp akan fokus ke layanan korporat. Sementara UUS BII akan bergerak di layanan retail.

‘’Artinya nanti, di Maybank Syariah itu kegiatannya korporat dan retail. Ini yang di intern mereka belum putus,’’ kata Mulya. Karenanya, ujar dia, BI meminta hal ini diselesaikan dulu sebelum BI meluluskan konversi Maybank Indocorp ke Maybank Syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement