Sabtu 14 Aug 2010 00:11 WIB

Kapasitas Angkut KA Lebaran Daop V, 11.254 Penumpang

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO--Seluruh sumber daya PT KAI Daop V Purwokerto, Jawa Tengah, dikerahkan dalam melayani calon penumpang Lebaran. Antara lain, dengan mengerahkan 8 rangkaian KA reguler, 4 rangkaian KA Lebaran, dan satu rangkaian KA baru kelas ekonomi ber-AC, yang akan diluncurkan H-1 seusai lebaran.

''Dengan seluruh rangkaian KA yang kami operasikan ini, maka selama musim lebaran, khususnya selama arus balik, PT KAI Daop V mampu mengangkut 11.254 penumpang,'' ujar Vice Presiden PT KAI Daop V Purwokerto, M Soleh Kosasih, melalui Humasnya, Surono, Jumat (13/8),

Meski demikian Surono menyebutkan, kemampuan daya angkut sebanyak itu sebenarnya masih jauh dari kebutuhan. Menurut dia, dari pemantauan Lebaran tahun 2009 lalu, rata-rata jumlah penumpang arus balik yang berangkat dari stasiun wilayah Daop V, mencapai 13 ribu penumpang per hari. ''Mereka kebanyakan berangkat dari Stasiun Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Purwokerto, dan Bumiayu,'' jelasnya.

Sementara pada puncak arus balik, Surono menyebutkan, jumlah penumpang bisa melonjak 2 kali lipat. Seperti pada Lebaran tahun 2009 lalu, puncak arus balik ditandai dengan lonjakan calon penumpang yang mencapai 23 ribu orang.

Surono memperkirakan, puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada H+8. Sedangkan jumlah penumpang yang akan menggunakan moda angkutan KA diperkirakan bertambah dibanding tahun lalu. Bila tahu lalu, volume angkutan Lebaran mencapai sekitar 216.244 penumpang, maka pada tahun 2010 ini akan meningkat 2,3 persen menjadi 221.526 penumpang.

Surono menyebutkan, keempat KA lebaran yang akan dioperasikan PT KAI Daop V adalah KA Purwojaya Lebaran kelas bisnis jurusan Purwokerto-Gambir, KA Sawunggalih Lebaran kelas bisnis jurusan Kutoarjo-Pasar Senen, KA Kutojaya Lebaran kelas ekonomi jurusan Kutoarjo-Pasar Senen, dan Kutojaya Selatan kelas ekonomi jurusan Kutoarjo-Kiaracondong.

Selain keempat KA angkutan lebaran tersebut, PT KAI Daop V juga akan meluncurkan rangkaian KA ekonomi baru bernama KA Bogowonto. Rangkaian KA ini merupakan rangkaian KA ekonomi plus jurusan Kutoarjo-Pasar Senen dengan fasilitas AC. ''Namun KA baru ini, baru akan duluncurkan H+1 Lebaran, untuk melayani arus balik,'' jelasnya.

Sementara untuk meminimalisasi gangguan keamanan selama musim angkutan Lebaran, PT KAI Daop V Purwokerto mengambil berbagai langkah antisipasi. Antara lain melakukan penambahan personil pengamanan, sterilisasi stasiun, pengawalan KA, pemeriksaan ekstra jalur KA, dan penjagaan titik-titik rawan bencana.

Untuk itu, PT KAI Daop V akan menyiapkan 450 personil pendukung. Dari jumlah terebut, 38 personil ditempatlan untuk menjaga daerah rawan, 60personil bertugas melakukan pemeriksaan jalur , 124 personil menjaga perlintasan yang rawan, 55 perosnil bertugas mengawal KA, dan petugas pengamanan baruan dari Polri sebanyak 160 personil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement