Kamis 12 Aug 2010 05:46 WIB

Pemkab OKI Anggarkan Rp29 Miliar untuk Jambore Nasional 2011

Rep: maspril aries/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Selain menjadi tuan rumah Sea Games XXVI, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) khusunya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada tahun 2011 juga akan menjadi tuan rumah Jambore Nasional (Jamnas) IX tahun 2011. Untuk menyelenggarakan kegiatan Pramuka nasional tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI telah menganggarkan dana sebesar Rp 29 miliar.

 

Bupati OKI Ishak Mekki, Rabu (11/8) mengatakan, “Untuk pelaksanaan Jamnas 2011 yang akan dilaksanakan di kawasan Teluk Gelam, Pemerintah Kabupaten OKI sudah mengusulkan anggaran dalam  APBD Perubahan 2010 sebesar Rp29 Miliar. Meskipun pelaksanaan tahun 2011 namun sudah untuk fasilitasnya ditenderkan pada tahun 2010.”

 

Ishak Mekki yang baru saja terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel menjelaskan, “Persiapan menghadapi even akbar Jamnas 2011 saat ini sudah masuk tahap kegiatan dilapangan seperti land clearing, perencanaan bangunan-bangunan permanen, termasuk listrik dan jaringan PDAM.”

 

Untuk fasilitas Jamnas di bumi perkemahan Teluk Gelam tersebut, Pemerintah Kabupaten OKI akan melengkapi dengan fasilitas yang terbaik. Diantaranya akan menjadi perhatian adalah ketersedian air bersih untuk mandi dan minum serta MCK. “Seperti untuk WC akan dibuat WC yang baik dan nyaman, karena semua bangunan tersebut nantinya tidak akan terbengkalai. Seperti WC bisa dimanfaatkan masyarakat di sekitar bumi perkemahan atau pengunjung yang menggunakan bumi perkemahan Teluk Gelam,” katanya.

 

Mengenai pembebasan lahan, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Sumsel itu menjelaskan, dari luas total bumi perkemahan 300 hektare ada sekitar 46 hektare lahan yang harus dibebaskan. Dalam pembebasan lahan tersebut Ishak Mekki mengaku heran, “Selama ini lahan tersebut terlantar dan tidak ada yang memanfaatkan, namun saat akan digunakan untuk Jamnas, tiba-tiba ada yang mengklaim,” tambahnya.

 

Untuk suksesnya Jamnas Pramuka yang baru pertama kali diadakan di Sumatera Selatan tersebut, Ishak Mekki meminta adanya kerjasama dan dukungan semua pihak khususnya instansi terkait baik di Kabupaten OKI maupun di Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

 

“Kita ingin Jamnas ini bisa terlaksana dengan sukses. Sejak sekarang kita harus berbenah dan melakukan persiapan. Agar gaung Jamnas IX tahun 2011 bisa sampai ke seluruh anggota pramuka di Indonesia, media massa dapat menginformasikan semua persiapan yang kami lakukan,” kata Bupati OKI Ishak Mekki. maspril aries

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement