Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Unsoed Gelar SPMB Gelombang II

Kamis 22 Jul 2010 02:02 WIB

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Siwi Tri Puji B

Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali membuka pendaftaran selesi penerimaan mahasiswa baru (SPMB). Setelah merekrut mahasiswa baru melalui ujian mandiri gelombang I dan SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri), perguruan tinggi negeri ini membuka pendaftaran ujuan mandiri gelombang II.

''Pendaftaran sudah dibuka sejak Juni lalu, dan akan ditutup pada 24 Juli 2010. Jadi bagi calon mahasiswa yang masih belum diterima di Unsoed dalam dua proses seleksi sebelumnya dan masih ingin menjadi mahasiswa Unsoed, masih ada waktu tiga hari lagi untuk mendaftar,'' jelas Humas Unsoed, Heri Buntyadi, Rabu (21/7).

Meski demikian dia menyebutkan, dari 31 program studi S-1 dan 10 program studi D-3 yang ada di Unsoed, ada tiga program studi yang sudah tidak membuka penerimaan mahasiswa baru pada ujian mandiri gelombang II. Yakni, Fakultas Kedokteran Umum (FKU) dan Fakultas Hukum untuk program S-1 dan program studi ekonomi D-3.

''Kita tidak menerima lagi mahasiswa baru untuk ketiga program studi tersebut, karena jumlah mahasiswa baru yang direkrut dari ujian mandiri gelombang I dan SNMPTN sudah memenuhi kebutuhan,'' katanya.

Dia mengakui, biasanya proses penerimaan mahasiswa baru di Unsoed ini memang dilakukan dalam beberapa gelombang. Yakni, ujian mandiri gelombang I menerima 30 persen dari kebutuhan, SNMPTN menerima 35 persen, dan sisanya diterima melalui ujian mandiri gelombang II. Sedangkan jumlah mahasiswa baru yang direkrut Unsoed setiap tahun, mencapai sekitar 5.500-6.000 mahasiswa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA