Rabu 21 Jul 2010 03:49 WIB

Bank Mega Syariah Salurkan Zakat Korporasi

Rep: gie/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-–Bank Mega Syariah (BMS) menyalurkan zakat korporasi Rp 2,15 miliar melalui enam lembaga zakat. Zakat tersebut diambil dari laba kotor perusahaan pada 2009 yang sebesar Rp 80 miliar.

Direktur Utama BMS, Beny Witjaksono, mengatakan zakat korporasi telah menjadi agenda rutin BMS setiap tahunnya. “Dana zakat ini dipergunakan untuk berbagai program lembaga zakat seperti pemberian santunan bagi kaum dhuafa, pembinaan, sosialisasi penggalangan ZIS, permodalan, pengadaan fasilitas medis, pendidikan kaum dhuafa, dan sebagainya,” kata Beny, usai penyerahan zakat korporasi BMS kepada enam lembaga zakat di Menara Bank Mega, Selasa (20/7).

Jalinan kerja sama penyaluran zakat tersebut, tambahnya, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Di sisi lain, kata Beny, langkah tersebut juga menjadi bentuk sosialisasi BMS kepada masyarakat. “Kita harap dengan kerja sama ini bisa memberikan manfaat juga ke kita dalam hal konsisten melakukan sosialisasi atau mengikutsertakan BMS ke program lembaga zakat,” ujar Beny.

Sejumlah lembaga zakat pun menjadi nasabah BMS untuk mengelola dana operasionalnya. Ia menambahkan setiap tahunnya BMS pun melakukan evaluasi dalam menunjuk lembaga zakat. Kali ini enam lembaga zakat yang ditunjuk adalah Baznas, Lazis Muhammadiyah, Dompet Dhuafa, Darul Quran, Lazis NU, PKPU, dan Lazis Dewan Da'wah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement