Kamis 15 Jul 2010 01:01 WIB

Sukuk Korporasi Berpeluang Tumbuh Besar

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Aset properti biasa digunakan sebagai jaminan sukuk, ilustrasi
Foto: Tahta/Republika
Aset properti biasa digunakan sebagai jaminan sukuk, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pasar sukuk Indonesia kini mulai berkembang. Kendati pangsa pasar sukuk terutama sukuk korporasi masih rendah, namun memiliki peluang untuk tumbuh besar.

Dalam memilih investasi di sukuk korporasi, investor diingatkan untuk melihat nilai aset yang menjadi dasar penerbitan. Pengamat ekonomi syariah, M Gunawan Yasni, mengatakan dengan menerbitkan sukuk sebenarnya korporasi akan dapat lebih dipandang akuntabel. Pasalnya administrasi korporasi akan menjadi lebih transparan karena asetnya menjadi dasar penerbitan sukuk.

Ia menjelaskan, korporasi yang menerbitkan sukuk biasanya berupa asset backed sukuk, di mana aset riil menjadi dasar penerbitan, sumber pembayaran, dan dijaminkan. Dengan adanya jaminan aset, hal tersebut pun dapat memberikan kepercayaan bagi investor.

Dalam penerbitan sukuk korporasi harus memiliki aset riil yang menjadi dasar penerbitan. Untuk memberi jaminan kepada investor, aset tersebut dapat ditambah dengan aset tertentu sebagai asset backed.

''Untuk asset backed harus melihat kemampuan juga. Jika backing up penerbitan sukuknya tergantung dari harga dan image, maka akan susah begitu image turun karena ada sesuatu terjadi di sektor riil, pemegang sukuk akan merasa backed up sukuk yang dia punya harganya turun,'' jelas Gunawan, Selasa (14/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement