Jumat 02 Jul 2010 02:18 WIB

Bali Lebih Terkenal daripada Indonesia

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jangan heran bila Anda berbincang-bincang dengan orang asing dan mereka ternyata tak mengetahui Indonesia. Namun, ketika ditanya soal Bali, mereka cepat memberikan jawaban. Bali lebih dikenal daripada Indonesia.

Mungkin begitu ungkapan yang paling pas untuk keadaan tersebut. Tengok saja pengalaman yang dimiliki Presiden Direktur Mahaka Entertainment, Hasani Abdulgani, yang bergerak dibidang promotor pertunjukan. Dia pernah merasakan kenyataan itu saat mendatangkan artis internasional ke Indonesia.

Hasani kerap kesulitan mendatangkan artis lantaran Indonesia yang kurang dikenal. ''Untuk mendatangkan artis Indonesia tidak mudah, karena mereka lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia,'' ujarnya.

Menurut Hasani, orang asing hanya tahu tsunami dan bom teroris yang terjadi di Indonesia. Sedangkan promotor asing senantiasa minta kepastian keamanan untuk konser di sini. Tapi, kalau Bali yang dijadikan pancingannya, tanggapan mereka jauh berbeda.

Hasani menceritakan sedikit pengalamannya saat mendatangkan Slash. Sebenarnya, Indonesia tidak termasuk daftar dalam rangkaian Slash feat. Myles Kennedy World Tour Concert 2010. ''Namun saya bergegas ke Los Angeles ketika Slash meluncurkan sebuah album baru. Saya bertemu istrinya dan saya bilang, 'Anda suka Bali','' ujar Hasani.

Istri Slash pun langsung menjawab. ''Ya, saya suka sekali,'' ujarnya. ''Bagaimana kalau anda membujuk suami anda untuk konser di Indonesia dan pergi ke Bali?'' bujuk Hasani.

''Lihat dan simple, mereka akan datang ke Indonesia. Bali adalah magnet luar biasa bagi artis internasional,'' kata Hasani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement