Selasa 29 Jun 2010 02:29 WIB

SMPN 4 Ngaglik, Sekolah Sehat Terbaik se-Yogya

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Ngaglik, Kabupaten Sleman mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional 2010. "Tim penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional dari pusat telah mengadakan penilaian ke Sleman Kamis (24/6)," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Endah Sri Widiastuti, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan lomba sekolah sehat ini merupakan cara yang sangat efektif untuk memacu sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sleman dalam menciptakan dan menjaga kondisi kebersihan serta kesehatan lingkungan sekolah.

"Kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah secara tidak langsung mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar, dengan didukung lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, maka para siswa akan dapat belajar dengan nyaman sehingga prestasi para siswa akan meningkat," katanya.

Ia mengatakan, selain itu lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dapat dijadikan daya tarik bagi masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah-sekolah tersebut. "Lomba ini tidak saja bermanfaat bagi sekolah yang dipilih namun juga bagi sekolah lain di Kabupaten Sleman dalam membudayakan hidup sehat bagi seluruh penghuni sekolah," katanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Ngaglik Sleman Wakijo mengatakan, salah satu upaya yang telah dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, adalah melalui peningkatan pelaksanaan program Usaha kesehatan Sekolah (UKS). "Penyelenggaraan Lomba Sekolah Sehat yang berbasis pada usaha pembinaan dalam bidang kesehatan yang difokuskan pada UKS," katanya.

Keberadaan UKS sangat penting peranannya bagi warga sekolah, tujuan UKS untuk menciptakan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah sedangkan fungsi UKS sendiri adalah untuk memberikan pertolongan pertama apabila di sekolah terjadi kecelakaan atau ada siswa yang sakit, katanya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement