Selasa 22 Jun 2010 12:33 WIB

Gawat, Warga Afsel Siapkan Jampi-jampi!

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Nasib Afrika Selatan (Afsel) yang berada di ujung tanduk untuk lolos ke babak 16 Besar membuat warga setempat mulai memikirkan cara lain membantu Bafana-Bafana. Mereka berencana akan menggunakan 'jampi-jampi'.

Afsel membutuhkan kemenangan dari Prancis untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun, hal itu bisa terwujud bila pada pertandingan lainnya Uruguay atau Meksiko tidak 'main mata'. Afsel juga butuh memetik kemenangan dengan selisih empat dan lima gol.

Sejumlah dukun akan menggunakan Muti, sebuah ramuan tradisional yang pemakaiannya bisa dibakar, diminum, atau dihisap. Ramuan ini selain bisa membuat fisik seseorang meningkat drastis, juga dapat membuat bingung manusia yang menghirup asapnya.

Para dukun setempat yang biasa disebut 'Sangomas' percaya, campuran herbal, tanaman, dan organ tubuh binatang tersebut bisa mengubah keberuntungan, sembuh dari penyakit, serta meningkatkan performa.

“Muti sangat ampuh. Itu bisa membuat Bafana bertambah kuat,” ujar Miriam Lethaba, seorang wanita pekerja di Ratanda berusia 62 tahun, seperti dilansir AP, Senin (21/6).

Sedangkan Jaco Lushaba, seorang penari Zulu berusia 40 tahun, juga percaya dengan keampuhan Muti. Ia menduga pernah menjadi korban perbuatan seseorang yang membakar jampi-jampi.

''Saya pernah menelan kekalahan di sebuah turnamen. Saat itu saya mencium aroma muti di mana-mana. Itu membuat saya kebingungan, dan tak bisa mengeluarkan performa terbaik,'' ungkap Lushaba.

''Tapi Muti tak lepas dari kepercayaan. Jika Anda tidak percaya itu ampuh, maka Muti tidak akan bekerja,'' jelas Lushaba. ''Masalahnya, ada perbedaan budaya di tim Bafana, dan saya pikir mereka percaya dengan Muti. Muti bisa ampuh kalau setiap pemain Bafana percaya.''

sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement