Sabtu 19 Jun 2010 07:20 WIB

Jerman tak Beruntung, Takluk 0-1 dari Serbia

REPUBLIKA.CO.ID, PORT ELIZABETH--Sebelum laga kontra Serbia, pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengaku khawatir calon lawannya akan berusaha bangkit dari kekalahan 0-1 dari Ghana di partai pertamanya di Grup D Piala Dunia 2010. Kekhawatiran Loew memang terbukkti, Jerman takluk 0-1 dari Serbia di Stadion Nelson Mandela Bay Stadium, Jumat (18/6).

Namun demikian, kekalahan Jerman bukanlah karena Serbia tampil dominan, namun justru lantaran faktor Jerman sendiri yang dijauhi keberuntungan. Bagaimana tidak, Jerman terpaksa bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-37.

Ini lantaran striker Miroslav Klose didepak wasit lantaran menerima kartu kuning kali kedua alias kartu merah akibat mengganjal Dejan Stankovic dari belakang. Kartu merah Klose merupakan kartu merah ketujuh sepanjang 21 pertandingan Piala Dunia kali ini.

Satu menit kemudian atau di menit ke-38, Serbia yang unggul jumlah pemain berhasil mencetak gol. Berawal dari aksi Milos Krasic di sisi kanan, kemudian umpannya disambut baik dengan sundulan Nikola Zigic yang mengarah ke Milan Jovanovic. Tanpa hambatan berarti, Jovanovic dengan mudah mengoyak gawang Jerman. 1-0 Serbia unggul.

Tim 'Panser' Jerman sebenarnya memiliki kesempatan menyamakan kedudukan di injury time babak pertama. Gelandang Sami Khedira berhasil melepas tendangan keras, namun bola yang gagal diantisipasi kiper Serbia, Vladimir Stojkovic, itu hanya membentur mistar gawang. Bola rebound Khedira yang diteruskan salto Thomas Muller juga masih bisa dibendung barisan pertahanan Serbia.

Kesempatan emas kedua untuk menyamakan kedudukan diperoleh Jerman melalui titik penalti. Penalti diberikan wasit Alberto Undiano dari Spanyol, setelah bek Serbia Nemanja Vidic menyentuh bola dengan tangan di area penalti. Namun sayang, Lukas Podolski yang ditunjuk sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya. Tendangan datar Podolski mudah dibaca kiper Stojkovic. Sekali lagi, Jerman sedang tak beruntung.

Jerman yang tampil perkasa di partai perdana saat menggunduli Australia 4-0, kini terpaksa harus berjibaku melawan Ghana di partai terakhir Grup D, guna memastikan lolos. Baik Ghana, Jerman, dan Serbia, kini sama-sama mengantongi poin tiga dan sama-sama berpeluang untuk lolos. Australia pun masih memiliki kesempatan lolos meski masih belum memperoleh poin.

Susunan Pemain

Jerman:

1-Manuel Neuer; 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 16-Philipp Lahm, 14-Holger Badstuber; 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 8-Mesut Ozil, 13-Thomas Mueller; 10-Lukas Podolski, 11-Miroslav Klose.

Serbia:

1-Vladimir Stojkovic; 3-Aleksandar Kolarov, 6-Branislav Ivanovic, 5-Nemanja Vidic, 20-Neven Subotic, 17-Milos Krasic, 10-Dejan Stankovic, 22-Zdravko Kuzmanovic, 14-Milan Jovanovic, 18-Milos Ninkovic, 15-Nikola Zigic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement