Senin 14 Jun 2010 14:19 WIB

Panser Jerman Gilas Australia 4-0

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA--Tim 'Panser', Jerman, memulai kampanye untuk menjadi salah satu kandidat juara Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Jerman sukses menggilas wakil Asia, Australia, 4-0 dalam pertandingan Grup D di Stadion Moses Mabhida, Senin dinihari WIB (14/6).

Di menit-menit awal, Australia sebenarnya sempat melakukan tekanan melalui duet Tim Cahill dan Brett Emerton. Namun gol Lukas  Podolski melalui tendangan kerasnya di dalam kotak penalti menit ke-8 membuat permainan Australia goyah.

Meski tanpa diperkuat kapten Michael Ballack, lini tengah Jerman tetap mendominasi. Pengganti Ballack, pemain Muslim, Sami Khedira, terlihat mampu menjalankan perannya di lini tengah.

Striker veteran Jerman, Miroslav Klose, sukses memperbesar keunggulan Jerman menjadi 2-0 setelah tandukannya usai menerima umpan Philipp Lahm menghujam ke gawang Australia di menit ke-28. Skor 2-0 bertahan hingga waktu istirahat.

Di awal babak kedua, Australia mencoba kembali menekan. Namun di menit ke-54, kerugian besar menimpa Australia. Cahill harus diusir dari lapangan oleh wasit Marco Rodriguez dari Meksiko karena mendapat kartu merah usai melakukan pelanggaran keras terhadap Bastian Schweinsteiger.

Bermain dengan hanya 10 pemain, Australia semakin kewalahan. Sebaliknya, Jerman kian mendominasi. Hasilnya, di menit ke-68, Thomas Muller berhasil mencetak gol usai menyambut umpan tarik Podolski di dalam kotak penalti. Tendangan kerasnya yang sempat membentur tiang, masuk ke dalam gawang Australia yang dikawal Mark Schwarzer.

Di menit ke-70, pemain yang baru saja masuk menggantikan Klose, Cacau, sukses menambah derita 'Socceroos' dengan memperdaya kiper Schwarzer setelah menerima umpan matang dari sisi kiri pertahanan Australia.

Susunan pemain

Jerman:

1-Manuel Neuer; 3-Arne Friedrich, 17-Per

Mertesacker, 16-Philipp Lahm, 14-Holger Badstuber; 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 8-Mesut Ozil, 13-Thomas Mueller; 10-Lukas Podolski, 11-Miroslav Klose.

Australia:

1-Mark Schwarzer; 2-Lucas Neill, 3-Craig Moore, 11-Scott Chipperfield, 8-Luke Wilkshire, 16-Carl Valeri, 5-Jason Culina, 13-Vince Grella, 7-Brett Emerton, 4-Tim Cahill, 19-Richard Garcia.

sumber : fifa.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement