Rabu 09 Jun 2010 05:14 WIB

Giorgos Karagounis (Yunani): Pemimpin Alamiah

REPUBLIKA.CO.ID, Giorgos Karagounis adalah kapten timnas Yunani setelah Thodoris Zagorakis memutuskan pensiun. Ia adalah pahlawan Yunani ketika menjuarai Piala Eropa 2004 di Portugal. Kemampuan yang komplet sebagai gelandang tidak pelak membuatnya terus menjadi harapan negaranya

Dia adalah gelandang pekerja keras, tahu bagaimana mempertahankan bola, dan menjadi pengatur serangan yang handal di berbagai pertandingan penting. Tanpa Karagounis, Yunani kehilangan kekuatan utama di lini tengah.

Banyak menghabiskan karier di negaranya bersama Panathinaikos, sebenarnya Karagounis pernah melanglang buana ke Italia bersama Inter Milan dan Benfica, Portugal. Namun di dua klub tersebut pemain kelahiran 3 Juni 1977 ini tidak menemukan penampilan terbaik seperti di Piala Eropa 2004. Ia pun memutuskan kembali ke Panathinaikos.

Di timnas Yunani ia sudah menyumbang enam gol. Tiga gol ke gawang Portugal, termasuk satu gol dalam pembukaan Piala Eropa 2004.

Karagounis menilai Yunani akan berusaha tampil ke Piala Dunia 2010 dengan berbekal semangat sukses dari Piala Eropa 2004. Karagounis memang salah satu pemain yang pernah membawa negaranya membuat kejutan pada 2004. "Kami sudah tak sabar menunggu untuk memulai Piala Dunia," ujarnya.

"Kami memang sebuah negara kecil dan kami tidak mempunyai pilihan banyak pemain untuk tampil ke sana. Setiap pemain sungguh penting keberadaannya bagi tim,'' jelas Karagounis. "Dan hal paling utama di sini bagaimana kami terus mempertahankan kebersamaan layaknya sebuah keluarga. Karena dengan kebersamaan itulah yang nantinya akan membantu kami untuk bisa berkembang."

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement