Jumat 04 Jun 2010 08:40 WIB

Duh, Mandela Terlalu 'Lemah' untuk Hadiri Piala Dunia

Mandela Terlalu 'Lemah' untuk Hadiri Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG -- Keluarga Nelson Mandela menyatakan bahwa mantan pemimpin Afrika Selatan itu terlalu lemah untuk menghadiri pembukaan Piala Dunia 2010 di negaranya sendiri. Keluarga mengkhawatirkan kondisi pria berusia 92 tahun itu bila keluar di musim dingin.

"Saya, sebagai anggota keluarga, bersama keluarga, telah mengambil keputusan bahwa kakek saya berusia 92 tahun, akan benar-benar suatu tantangan untuk membawanya ke luar di hari musim dingin yang sangat dingin dan menyaksikan pertandingan sepak bola," ujar cucu Nelson Mandela, Mandla Mandela, kepada Kantor Berita Prancis, AFP, Kamis (3/6).

"Kami, sebagai warga Afrika Selatan dan masyarakat internasional perlu mulai mempertimbangkan kesehatannya. Saya benar-benar tahu bahwa ia tidak akan menghadiri pertandingan pembukaan," jelas Mandla.

Mandla berbicara setelah Menteri Olahraga Afrika Selatan sempat mengatakan, ikon perjuangan antiapartheid itu berencana menghadiri pertandingan pertama pada 11 Juni dan pertandingan final sebulan kemudian.

"Ia meminta empat tiket untuk upacara pembukaan dan penutupan, dan panitia telah memenuhi keinginannya," kata Menteri Olahraga Makhenkeshi Stofile di surat kabar The Star.

Seorang juru bicara Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa juga memberitahu AFP bahwa Mandela akan menghadiri pertandingan pembukaan dan penutupan Piala Dunia.

Menanggapi pernyataan-pernyataan dari pemerintah dan ANC, Mandla mengatakan, "Saya tidak tahu dari mana mereka mendapat persetujuan itu."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement