Jumat 04 Jun 2010 05:13 WIB

Oknum Perum Pegadaian Gondol 1.676 Kantong Emas Nasabah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Penggelapan di Perum Pegadaian Unit Cabang Cilincing, Jakarta Utara terungkap. Pelakunya diduga adalah oknum pimpinan di kantor tersebut.

Menurut Wakil Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara, AKP Yuldi, kasus itu  diketahui Senin (31/5) lalu, dengan terduga pelaku berinisial AF.

Menurut Yuldi, kasus ini terungkap berkat kecurigaan Satpam, Sahadi. Menurut Sahadi, AF sempat minta tolong dibelika nasi, rokok dan tiket. Usai membeli tiket ia tak menemui AF di kantor, sementara tempat penyimpanan uang dan emas terbuka.

Kerugian akibat penggelapan yang dilakukan AF ditaksir mencapai miliaran rupiah. Ia menggondol emas nasabah sebanyak 1.676 kantong dan uang tunai senilai Rp 75 juta. “Berat emasnya belum diketahui, tapi ditaksir sampai miliaran,” lanjutnya.

Pimpinan Kantor Pegadaian Cabang Tanjung Priok, Firdaus Mutiara, membenarkan tentang peristiwa penggelapan tersebut. “Ya, ada (penggelapan, red). Kejadiannya tanggal 31 Mei lalu,” akunya.

Hanya saja, ia enggan menjelaskan kejadian tersebut secara lebih rinci. Alasannya, Kantor Unit Cabang Cilincing itu, bukan wilayahnya. “Saya tidak punya hak berkomentar tentang masalah itu (penggelapan, red).” i.

Selain itu, menurut Firdaus, pihaknya saat ini sudah membentuk panitia khusus yang bertugas menggali lebih jauh tentang kejadian tersebut. Oleh karenanya, dia belum siap memberikan komentar karena hasil panitia yang dibentuknya belum memberikan laporan. “Sudah ada panitianya,” jawabnya singkat. “Ini juga untuk menjaga kerahasiaan nasabah dan kantor.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement