Sabtu 29 May 2010 00:49 WIB

Gigi Kotor Bisa Sebabkan Gangguan Jantung?

Red: irf
Penelitian di Skotlandia menemukan gigi kotor meningkatkan risiko gangguan jantung.
Foto: afp
Penelitian di Skotlandia menemukan gigi kotor meningkatkan risiko gangguan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Anda jarang membersihkan gigi. Waspadalah, ternyata gigi yang kotor meningkatkan risiko gangguan jantung. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh University College London, Skotlandia. Mereka yang menggosok giginya dua kali sehari, lebih kecil risikonya terkena gangguan jantung.

Penelitian ini dijalankan dengan melibatkan 11 ribu responden di Skotlandia. Mereka ditelusuri silsilahnya, rekam mediknya, juga gaya hidupnya. Sebanyak 7 dari 10 responden mengaku menggosok gigi dua kali sehari. Sedangkan 6 dari 10 responden menyatakan rutin periksa ke  dokter gigi tiap enam bulan sekali.

Mereka yang jarang menggosok gigi, memiliki 70 persen lebih tinggi risiko terserang penyakit jantung. Faktor tersebut tidak berubah ketika unsur lain yang mendorong gangguan jantung seperti merokok, konsumsi alkohol, obesitas, dan sebagainya, ikut dihitung.

Namun British Medical Jurnal melaporkan bahwa penelitian tersebut secara keseluruhan kaitan antara kebersihan gigi dan serangan jantung masih rendah. Saat ini diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan hubungan tersebut. Apakah gigi yang kotor benar-benar menjadi penyebab gangguan jantung, ataukah hanya sekadar indikator risiko?

sumber : afp
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement