Selasa 18 May 2010 06:21 WIB

Afrika Selatan (Grup A): Usung Optimisme Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, Semangat optimisme terasa di Afrika  Selatan karena 'Bangsa Pelangi' itu sedang mencatat sesuatu yang tidak diragukan lagi, yakni babak terpenting dalam sejarah singkat sepak bola negara itu. Sebuah tugas raksasa menanti di depan mata.

Tahun-tahun terakhir memang telah membawa banyak kekecewaan, tetapi Afrika Selatan juga telah menunjukan, meski sedikit, bahwa mereka bisa menjadi ancaman serius. Tidak ada motivasi yang lebih besar dari pada membela negara sekaligus menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Pada 1996, empat tahun setelah mereka mendaftar kembali ke sepak bola internasional, Afrika Selatan berhasil merengkuh Piala Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) atau Piala Afrika, setelah mengalahkan Tunisia di partai final di Johanesburg.

Bukan tidak mungkin, ketika 16 tahun kemudian Afrika Selatan akan kembali ke tempat mereka mencapai keberhasilan pertama, tetapi dengan tujuan untuk menulis ulang sejarah yang lebih besar.

Keperkasaan mereka pada Piala Konfederasi Juni 2009, ketika hanya kalah tipis dari Brasil di semifinal dan Spanyol dalam perebutan tempat ketiga, akan menjadi momok bagi para penantang mereka bahwa tim ini, saat mengeluarkan semua kemampuannya, sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata.

Turnamen itu telah mempertontonkan beberapa penampilan luar biasa yang dirangkai oleh sang tuan rumah dan pada dasarnya hanya ketidakmampuan mereka mengubah kecerdikan menjadi gol yang menyebabkan mereka gagal.

Faktor pelatih berpengaruh

Ini adalah kesempatan kedua bagi Carlos Alberto Parreira, pelatih Afrika Selatan, walaupun ia diterima dengan perasaan campur aduk di negara Nelson Mandela itu. Banyak pendukungnya bersikeras pria Brasil itu akan membawa mereka ke 'tanah terjanjikan' pada 2010.

Parreira jelas mewarisi darah Piala Dunia, setelah membawa negaranya merebut trofi Piala Dunia di Amerika Serikat 1994. Kaya akan pengalaman, ia bisa menyegarkan kembali Afrika Selatan untuk berjuang setelah mengalami beberapa masalah dalam pertandingan sebelum turnamen ini.

Bagaimana pun juga Parreira berharap untuk menghindari kesukaran yang pernah ia hadapi ketika menangani tugas pertamanya sebagai kepala pelatih, ketika akhirya gagal mengantar Afrika Selatan melalui fase grup di Piala Afrika 2008 silam.

Parreira membuktikan bahwa tim berjuluk 'Bafana-Bafana' itu telah berkembang semakin tangguh setelah mengalahkan Thailand 4-0 di Stadion Mbombela, Nelspruit, Afrika Selatan, Ahad (17/5).

Parreira masih punya waktu tiga pekan untuk mempersiapkan formula yang tepat bagi tim tuan rumah itu sebelum berjumpa Meksiko di partai pembukaan Piala Dunia 2010 pada 11 Juni.

"Ini adalah persiapan akhir dan merupakan laga penting," tegas Parreira seperti yang dikutip FIFA.com. "Sebelum laga saya katakan kepada para pemain bahwa kami mencari dua hal, penampilan dan hasil.''

Akan tetapi skuad Parreira itu memang belum diperkuat oleh pengatur serangan andalan mereka, Steven Pienar dan kapten utama Aaron Mokoena yang baru saja memperkuat klubnya Portsmouth di Final Piala FA melawan Chelsea.

Sementara penyerang veteran Benny McCarthy masih harus duduk di bangku penonton setelah didesak untuk memulihkan fisiknya sebelum putaran final dimulai. Absennya para pemain andalan itu rupanya tidak membuat para pemain Afsel canggung untuk mencetak gol.

Dua gol dilesakkan Katlego Mphela, pemain yang banyak diragukan oleh publik Afrika Selatan. Dua gol lagi dicetak Bernard Parker dan Tshabalala. Afsel terakhir kali mencetak empat gol pada tahun 2007 saat melawan Chad.

Piala Dunia Sebelumnya

Afrika Selatan gagal dalam fase grup di dua penampilannya di Piala Dunia. Itu adalah kenangan buruk untuk diingat. Penampilan pertama mereka adalah di Piala Dunia Prancis 1998.

Setelah dibantai 3-0 oleh Perancis di pertandingan pembuka, mereka hanya bisa seri dengan Denmark dan Arab Saudi pada dua laga berikutnya.

Di Piala Dunia Korea-Jepang 2002, Afrika Selatan berharap bisa melangkah ke tingkat yang lebih tinggi. Akan tetapi, mereka kembali gagal di fase grup walaupun berhasil meraih kemenangan melawan Slovenia 1-0. Itu adalah kemenangan satu-satunya yang pernah mereka raih di Piala Dunia.

Catatan

    * Ini adalah keikutsertaan ketiga Afrika Selatan di Piala Dunia. Bafana Bafana juga tampil di Piala Dunia Perancis 1998 dan Korea-Jepang 2002.

    * Benni McCarthy mencetak gol pertama Afrika Selatan di Piala Dunia ketika meraih seri 1-1 melawan Denmark.

    * Kapten Afrika Selatan Aaron Mokoena menjadi pemain yang paling banyak tampil membela negaranya.

    * Afrika Selatan menjadi tuan rumah dan menjuarai Piala Afrika tahun 1996, penampilan pertama mereka di ajang tersebut, setelah mengalahkan Tunisia 2-0 di Stadion Soccer City, Johannesburg.

sumber : antaranews.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement