Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Helmi Yahya Calon Bupati Terkaya di Ogan Ilir

Sabtu 15 May 2010 08:07 WIB

Rep: maspril aries/ Red: Krisman Purwoko

Helmi Yahya

Helmi Yahya

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Presenter kondang Helmi Yahya yang kini tengah maju mengikuti pemilihan bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatra Selatan ternyata menjadi calon bupati (cabup) terkaya dibanding tiga calon bupati lainnya. Berdasarkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara) total harta kekayaannya sebesar Rp 7,1 miliar.

Dari LHKPN terungkap bahwa kekayaan Helmi Yahya mencapai lebih dari Rp 10 miliar karena memiliki utang dalam bentuk kredit senilai Rp 2,9 miliar maka total harta kekayaannya setelah dipotong utang adalah sebesar Rp 7,1 miliar.
 
Helmi Yahya yang sebelumnya sempat maju sebagai calon wakil gubernur dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) berpasangan dengan Syahrial Oesman namun dikalahkan pasangan Alex Noerdin dan Eddy Yusuf, kali maju sebagai calon bupati Ogan Ilir berpasangan dengan Yulian Gunhar. Pasangan ini mengusung program unggulan bantuan sebesar Rp 1 miliar untuk satu desa setiap tahun.
 
Anggota KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) OI divisi hukum dan pengawasan Annahrir dan anggota KPUD bidang sosialisasi dan pendidikan pemilih Nurhasan, Jumat (14/5) memaparkan LHKPN dari pasangan cabup dan cawabup OI tahun 2010-2015 yang diterima dari KPK.
 
Calon lainnya Mawardi Yahya calon yang kini masih menjabat Bupati OI memiliki harta kekayaan Rp 6,3 miliar, cabup Hardi Sopuan memiliki kekayaan Rp 759 juta dan cabup Ahmad Riyadh Ramli total harta kekayaan Rp 30 juta.
 
Sementara itu calon wakil bupati (cawabup) terkaya adalah Amir Hamzah yang berpasangan dengan Hardi Sopuan total harta kekayaannya Rp1,6 miliar. Diikuti Yulian Gunhar yang berpasangan Helmy Yahya, harta kekayaan pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan dan PAN ini Rp 1,39 miliar.
 
Kemudian cawabup Daud Hasyim pasangan Mawardi Yahya yang diusung Partai Golkar sebesar Rp 1,34 miliar dan cawabup Gani Subit yang berpasangan dengan Ahmad Riyadh Ramli memiliki harta kekayaan Rp 718 juta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA