Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Coklat Hitam Bantu Lawan Stroke

Senin 10 May 2010 19:10 WIB

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Siwi Tri Puji B

.

.

Foto: .

BALTIMORE- Kabar baik untuk para penggemar coklat. Terutama coklat hitam tanpa campuran susu.

Kali ini, berdasarkan penelitian dalam Journal of Cerebral Blood Flow and Metabolism, kandungan coklat hitam mampu melawan stroke. Pasalnya epicatechin, salah satu zat yang ada pada coklat hitam, dapat memicu pertumbuhan sel-sel pelindung di otak.

Menurut salah satu peneliti, Dr Norman K Hollenberg dari Harvard Medical School, dari percobaan terhadap beberapa tikus yang terindikasi stoke, epicatechin dapat digunakan untuk terapi stroke. Bahkan efeknya sudah dapat terlihat tiga jam setelah terkena stoke.

“Kita berikan zat ini dalam beragam dosis pada tikus 90 menit sebelum ia terkena stroke,” katanya. “Dan ternyata, setelahnya infark (kerusakan akibat stroke) menjadi berkurang.”

Meskipun coklat hitam telah terbukti baik untuk kesehatan, Sylvain Dore, Ketua peneliti, dari John Hopkins University School of Medicine lebih menyarankan mengkonsumsi langsung biji coklat (kakao).

“ Kakao tak seperti coklat yang tinggi kalori dan lemak jenuh. Kakao bisa jadi alat untuk diet, apalagi kalau dicampur dengan buah dan sayur,” katanya.

Sebelumnya, coklat hitam diindikasikan dapat melindungi manusia dari penyakit pada jantung. Berdasarkan sejumlah penelitian, cukup 6,7 gram coklat sehari, seseorang dapat melindungi dirinya dari kerusakan jantung.

sumber : Health Day
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA