Selasa 04 May 2010 22:55 WIB

Membuka Bisnis Jasa Laundry

Red: irf
Faida Syarifah
Faida Syarifah

Sehari-hari saya menjalankan aktivitas di dunia pendidikan dengan mengajar di MAN Tegalrejo Magelang dan melanjalani aktivitas menjadi mahasiswi di pascasarjana UII. Tetapi ternyata sebelumnya saya telah jatuh cinta di dunia ekonomi Islam. Sehingga saya mencoba menyalurkannya dengan mendirikan sebuah lembaga keuangan Islam, selain itu kecintaan saya salurkan dengan mengajar ekonomi Islam di beberapa akademi dan universitas di Yogyakarta.

Di sela-sela kegiatan tersebut ternyata terbesit pengembangan usaha di bidang lain, memanfaatkan potensi Yogya untuk pengembangan usaha. Akhirnya berdirilah Sweet Laundry, sebuah usaha yang masih bergerak dalam bidang jasa. Awal berdiri, karena keterbatasan modal, kami hanya bermodalkan semangat.

Di awal usaha, kami hanya mempunyai sebuah kios kontrakan yang berukuran kecil dengan 1 mesin cuci dan 1 karyawan. Saya dan suami terjun langsung. Saya sebagai marketing dan suami sebagai delivery serta managemen. Alhamdulillah bulan ke-4 ternyata tidak terkira hasil yang dicapai.

Beberapa pavilion, hotel, kantor-kantor, perumahan, resto-resto, uniform-uniform sebuah produk komersial, rumah sakit, UGM serta konsumen yang datang ke tempat kami. Karena over order maka kami menambah mesin cuci, pengering, karyawan, dan jaringan. Sehingga kami sekarang memiliki 3 cabang, dengan 1 cabang 3 karyawan dan 2 mesin cuci, 1 pengering.

Usaha-usaha yang kami rintis sekarang telah kami percayakan pada karyawan kami. Sekarang sedang mencoba membuat soft planning untuk usaha peternakan serta pengambangan sapi. Ini muncul karena adanya tawaran untuk penambahan order. Ada salah satu pengusaha sapi di Yogya, di mana order susu dari Australia sudah tidak sanggup lagi karena keterbatasan, sehingga perlu perluasan usaha.

Kami bukan orang yang berduit sehingga mudah dalam membuat usaha kami hanya mempunyai semangat. Dengan bermodalkan semangat dan doa kita dapat meraih apa yang kita harapkan. Memaksimalkan potensi yang ada dalam diri untuk kepentingan serta kesuksesan yang lebih besar.

Faida Syarifah, S Sos I

MAN Tegalrejo magelang

[email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement