Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Berlibur Lebih Membahagiakan Dibanding Belanja?

Selasa 13 Apr 2010 21:42 WIB

Rep: cr2/ Red: Ririn Sjafriani

Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

Tampak sebuah keluarga sedang menikmati liburan di pantai.

Foto: corbis

Apakah Anda merasa penat dengan rutinitas keseharian atau gerah melihat macetnya jalan raya ibukota? Ada baiknya Anda sisihkan waktu sejenak untuk berlibur. Dengan berlibur, Anda memiliki kesempatan untuk menyegarkan kembali kondisi fisik dan psikologis usai menjalani rutinitas.

Hasil riset menunjukan, berlibur lebih membuat individu bahagia ketimbang saat menghabiskan uang untuk membeli barang atau benda favorit. Berlibur menghadirkan kepuasaan berupa pengalaman berharga, sebuah efek yang tidak bisa diperoleh sekalipun anda membeli mobil terbaru atau gadget tercanggih.

Peneliti juga mencatat, pengalaman yang didapatkan menghadirkan kesenangan tiada tara karena membeli mobil atau gadget cenderung individual sedangkan liburan jauh mendekatkan individu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Sebagai perbandingan, furniture yang Anda beli mungkin terlihat baru, tetapi model yang lebih baik dimiliki orang lain.

Psikolog, Profesor Thomas Gilovich berpendapat pengalaman individu tidak bisa dibandingkan dengan orang lain. "Artinya mereka tidak bisa diperbandingkan. Bayangkan, Anda membeli televisi Flat. Anda begitu bahagia, lalu Anda datang ke rumah saya dan saya memiliki televisi yang lebih besar, dan lebih jernih dari punya anda. Itu membuat anda kecewa dan sedih," tuturnya kepada Telegraph.co.uk, Senin (12/4).

Ia menambahkan, ketika Anda jalan-jalan ke Karibia, Anda mungkin saja menemukan hal yang sama atau liburan orang lain terlihat jauh menyenangkan ketimbang Anda. "Hal ini mungkin sedikit menggangu Anda, tetapi tidak memiliki tingkatan yang sama karena Anda memiliki pengalaman pribadi. Ini hal unik yang menghubungkan Karibia dengan liburan Anda," katanya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA