Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

SPMB Unsoed Gunakan Sistem Online

Kamis 01 Apr 2010 01:46 WIB

Rep: Eko Widiyanto/ Red: Endro Yuwanto

Unsoed akan lakukan seleksi calon mahasiswa secara online

Unsoed akan lakukan seleksi calon mahasiswa secara online


BANYUMAS--Lulusan SMA yang hendak mengikuti ujian lokal atau seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, tak perlu lagi harus mendatangi kampus di Grendeng Purwokerto. Hal ini dimungkinkan karena mulai tahun ini, panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) Unsoed mulai menerapkan sistem online.

''Dengan sistem online tersebut, para calon mahasiswa bisa mengisi formulir pendaftaran melalui internet dengan membuka situs spmb.unsoed.ac.id,'' ujar Pembantu Rektor I Unsoed, Nurul Anwar PhD.

Program SPMB Unsoed secara online tersebut, diluncurkan Rektor Unsoed Prof Dr Soedjarwo, Rabu (31/3).

Nurul menyebutkan, pendaftaran SPMB Unsoed secara online mulai dilaksanakan 1 April hingga 16 April 2010. ''Pada rentang waktu tersebut, calon mahasiswa Unsoed bisa mendaftar dengan mengisi formulir pendaftaran di situs spmb.unsoed.ac.id, kemudian mencetak bukti pendaftaran,'' jelasnya.

Sedangkan untuk biaya pendaftaran, bisa disetorkan ke semua kantor cabang bank BNI 46. Setelah mendapat bukti pembayaran dari bank, calon mahasiswa harus melakukan verifikasi pendaftaran melalui internet dengan memasukkan bukti pembayaran tersebut.

Adapun mengenai lokasi ujian, panitia SPMB Unsoed menyiapkan tujuh lokasi di tujuh kota. Yakni, kampus Unsoed di Purwokerto, SMA Negeri 1 Tegal, SMA Islam Al Azhar Cirebon, SMA Negeri 1 Bekasi, SMA Negeri 6 Bogor, SMA Negeri 1 Tasikmalaya, dan SMA Negeri 1 Ciamis.

''Ujian SPMB ini akan dilaksanakan tanggal 18 April 2010. Sedangkan pengumuman hasil ujian, akan diumumkan 11 Mei 2010,'' jelas Nurul.

Disinggung kemungkinan sistem akan 'hang', karena banyaknya calon mahasiswa yang mendaftar pada saat bersamaan, staf divisi operasional Pusat Komunikasi Unsoed, Didin Samsudin, menyatakan hal itu tidak akan terjadi. ''Dengan sistem yang kami siapkan, server tidak akan 'hang', meskipun pada saat bersamaan ada 8.000 orang yang mengakses website spmb.unsoed.ac.id,'' jelasnya.

Nurul menambahkan, untuk tahun 2010 ini, pihak Unsoed akan menerima sekitar 5.913 calon mahasiswa dari berbagai program studi. Jumlah mahasiswa sebanyak itu akan diterima melalui 3 jalur.

Selain SPMB yang merupakan ujian penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan Unsoed sendiri, pihak panitia SPMB juga menerima mahasiswa baru melalui proses penerimaan melalui sistem penelusuran minat dan bakat dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). ''Masing-masing jalur tersebut, dialokasikan sekitar 30 persen,'' tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA