Senin 06 Feb 2023 14:32 WIB

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki dan Langkah Menjadikannya Berkah

Terdapat amalan-amalan yang bisa membantu membuka pintu rezeki

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi rezeki berupa uang. Terdapat amalan-amalan yang bisa membantu membuka pintu rezeki
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi rezeki berupa uang. Terdapat amalan-amalan yang bisa membantu membuka pintu rezeki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pendakwah Syekh Dr Amr Khalid memaparkan tentang enam amalan yang dicintai Allah SWT dan Rasul-Nya. Amalan ini membuka pintu rezeki dan keberkahan hidup yang luas bagi seorang hamba.

Seorang Muslim tidak harus mengamalkan enam amalan tersebut tetapi cukup dua atau tiga di antaranya. Sebab, mengamalkannya menjadi pintu rezeki yang berlimpah. 

Baca Juga

 

"Allah SWT mencintai mereka yang melakukannya. Allah SWT dalam Alquran, dan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya memberi penjelasan mengenai keterkaitan amalan itu dengan rezeki yang berlimpah," kata Dr Khalid seperti dilansir Masrawy, Ahad (5/2/2023). 

 

 

Amalan pertama ialah berjuang keras serta gigih dalam menjalani kehidupan di dunia. Syekh Khalid mengatakan, seorang Muslim harus menggunakan kemampuan terbaiknya dalam berjuang menapaki kehidupan di dunia. Allah SWT berfirman: 

 

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ ۖ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS Al Mulk ayat 15).

 

Karena itu, Syekh Khalid mengingatkan, ketika seorang Muslim hanya berdiam diri dan hanya merenung sambil menopang pipi dengan kedua tangannya, maka sungguh Allah SWT tidak ridha kepadanya sebab, Allah SWT mencintai orang-orang yang senantiasa gigih dalam hidup.

 

"Itulah mengapa di dalam salah satu rukun umroh adalah sai, seakan-akan Allah SWT melatih kita dan berkata 'Saya ingin kalian melakukan ini agar bisa makan enak, sebagaimana yang dilakukan Sayyidah Hajar hingga keluarlah sumur Zamzam sehingga dapat dinikmati sampai sekarang," jelasnya.

 

Amalan kedua, terang Syekh Khalid, yaitu, bertakwa kepada Allah SWT dan menjauhi segala bentuk maksiat. Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW bersabda:

 

إن العبد ليحرم الرزق بالذنب يذنبه "Seorang hamba menjadi terhalang rezekinya karena dosa yang dilakukannya." 

 

Ketika seorang Muslim melakukan perbuatan maksiat maka rezeki akan diharamkan untuknya, kecuali jika dia memohon ampunan kepada Allah SWT dan bertaubat kepada-Nya. 

Baca juga: 4 Sosok Wanita yang Bisa Mengantarkan Seorang Mukmin ke Surga, Siapa Saja?  

 

Proses pertobatan ini merupakan bagian dari takwa dan di sinilah rezeki itu akan turun kepadanya. Dalam surat Nuh ayat 10-12, dikatakan: 

 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا  يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

 

"Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."

 

Nabi Muhammad SAW juga bersabda tentang betapa pentingnya meminta ampunan kepada Allah SWT. Beliau SAW bersabda: 

 

ومن لزم الاستغفار جعل الله له من كل ضيق مخرجًا، ورزقه من حيث لا يحتسب "Siapa saja yang mengekalkan bacaan istighfar, niscaya Allah memberikan sebuah jalan keluar kepadanya di tengah kesempitan dan Allah berikan rezeki kepadanya dari jalan yang dia tidak disangka-sangka." 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement