Jumat 17 Sep 2021 04:48 WIB

Pandemi Jadi Momentum Transformasi Digital UMKM

Sekarang semua bidang harus bertransformasi secara digital

Webinar mengenai
Foto: .
Webinar mengenai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di balik setiap tantangan pasti ada kesempatan untuk menjadi lebih baik. Pandemi membuka lebih banyak kesempatan baru, salah satunya pertumbuhan transformasi di dunia digital. 

"Mau tidak mau kita harus membiasakan diri dengan platform digital di segala bidang," ujar Vice President Director of Technology and Operation PT iForte Solusi Infotek, Rony Ardhitia saat berbicara di Webinar mengenai 'Kebangkitan UMKM Kreatif Indonesia, Kamis (16/9).

Rony mengatakan setahun lebih Indonesia dilanda pandemi covid-19 dan imbasnya melanda aktivitas masyarakat dan dunia usaha termasuk UMKM. Bahkan, kebijakan pembatasan ikut memengaruhi walau aturan itu diambil guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. 

Menurut Rony, penggunaan digital atau bertransformasi ke digital menjadi momentum semua pihak di Tanah Air termasuk UMKM. Transformasi diperlukan untuk menciptakan postur ekonomi atau ekosistem bisnis yang lebih maju dan dapat meningkatkan produktivitas usaha di masa-masa mendatang. Digitalisasi sudah sewajarnya dimanfaatkan sebaik mungkin. 

"Sekarang semua bidang harus bertransformasi secara digital. Kebutuhan digitalisasi adalah momentum sekaligus tantangan bagi kita semua untuk membuat sarana pemanfaatan teknologi informasi menjadi lebih baik," ujarnya. "Digital akan selalu ada dan memberikan sumbangsih demi kemajuan ekosistem digital yang lebih baik di negara kita."

Sebagai salah satu dukungan bagi pertumbuhan transformasi digital pada industri UMKM Indonesia, iForte memperkenalkan program iFortepreneur 4.0. Head of Marketing Communication iForte Victor Sihombing, mengatakan program ini merupakan perwujudan spirit Connectivity for Better Life untuk mendukung pertumbuhan digitalisasi UMKM Indonesia. 

Melalui iFortepreneur 4.0, iForte mengadakan kompetisi Digital Business Plan dan serangkaian kegiatan sistematis untuk menyediakan ajang pembelajaran, berbagi wawasan, dan semangat untuk bertransformasi secara digital bagi pelaku UMKM. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement