Rabu 17 Mar 2021 04:58 WIB

Real Madrid Menyusul ke Perempat Final Liga Champions

Real Madrid berhasil membungkam Atalanta, 3-1, di laga leg kedua babak 16 besar

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Karim Benzema dari Real Madrid merayakan setelah mencetak gol pembuka dalam pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan Valencia di stadion Alfredo Di Stefano di Madrid, Spanyol,  Ahad (14/2).
Foto: AP/Manu Fernandez
Karim Benzema dari Real Madrid merayakan setelah mencetak gol pembuka dalam pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid dan Valencia di stadion Alfredo Di Stefano di Madrid, Spanyol, Ahad (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Lewat gol yang masing-masing dicetak Karim Benzema, Sergio Ramos, dan Marco Asensio, Real Madrid berhasil membungkam Atalanta, 3-1, di laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/3) dini hari WIB. Dengan kemenangan ini, Los Blancos berhak melangkah ke babak perempat final dengan keunggulan agregat, 4-1, atas La Dea.

Tertinggal agregat 0-1, Atalanta langsung menekan pertahanan Madrid pada awal pertandingan. Laga belum genap berjalan tiga menit, La Dea bahkan sudah menciptakan satu peluang emas lewat sepakan Robin Gosens dari dalam kotak penalti. Sayangnya, bola sepakan Gosens itu masih terlalu lemah dan begitu mudah ditangkap kiper Madrid, Thibaut Courtois.

Lewat serangan balik pada menit ke-26, Madrid mendapatkan peluang emas. Merangsek dari tengah lapangan, Vicinius Junior sempat melakukan umpan satu-dua dengan Karim Benzema. Namun, Vicinius sedikit terlambat dalam melepaskan sepakan. Pemain bertahan Atalanta sudah terlebih dahulu menutup celah dan kemudian memblok sepakan Vicinius.

Kesalahan kiper Marco Sportiello harus dibayar mahal oleh Atalanta. Luka Modric, yang berhasil memotong laju halauan bola dari Sportiello, langsung merangsek ke dalam kotak penalti. Benzema, yang sudah menunggu umpan tarik Modric di tengah kotak penalti, tinggal mengarahkan bola ke gawang dan membawa Madrid unggul pada menit ke-34.

Gol itu sekaligus menjadi sepakan pertama Madrid yang mengarah ke gawang Atalanta pada sepanjang babak pertama. Gol itu pun menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada babak pertama dalam laga yang digelar di Stadion Alfredo di Stefano tersebut.

Memasuki babak kedua, Madrid lebih banyak mengandalkan serangan balik cepat dan kecepatan Vicinius Junior. Skema ini terbukti efektif. Pada menit ke-52, Madrid berpeluang menggandakan kedudukan lewat serangan balik cepat dan kecepatan Vicinius Junior. Menerima umpan lambung dari Sergio Ramos, winger asal Brasil itu langsung merangsek ke dalam kotak penalti.

Setelah berhasil menembus lini belakang Atalanta dan tinggal berhadapan dengan Sportiello, Vicinius melepaskan sepakan ke arah kanan gawang La Dea. Namun, sepakan tersebut masih melebar di sisi gawang Atalanta. Dengan skema yang kuran lebih sama, Vicinius kembali merepotkan lini belakang La Dea.

Pergerakan Vicinius itu terpaksa dihentikan oleh Rafael Toloi. Namun, wasit menilai aksi Toloi itu sebagai pelanggaran di dalam kotak penalti dan menunjuk titik putih. Sergio Ramos, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti itu, melakoni tugasnya dengan baik dan membawa tim tuan rumah unggul dua gol saat laga menginjak menit ke-60.

Tim tamu akhirnya berhasil mencetak gol, tepatnya pada menit ke-83. Adalah Luis Muriel, yang mencatatkan namanya di papan skor via eksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Madrid. Kendati begitu, hanya satu menit berselang dari gol Muriel itu, Madrid justru mampu menambah keunggulan.

Marco Asensio, yang baru masuk sebagai pemain pengganti, langsung mencetak gol. Asensio melepaskan sepakan terarah ke pojok kanan gawang Madrid setelah menerima sodoran umpan Lucas Vazquez. Serangan Los Blancos dalam proses gol ketiga ini dibangun lewat serangan balik cepat. Skor 3-1 akhirnya bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Real Madrid (3-5-2)

Courtois; Varane, Sergio Ramos, Nacho; Lucas Vazquez, Valverde, Kroos, Modric, Mendy; Benzema, Vinicius

Atalanta (3-4-1-2)

Sportiello; Toloi, Romero, Djimsiti; Maehle, De Roon, Pessina, Gosens; Pasalic; Malinovskyi, Muriel

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement