Rabu 13 Jan 2021 04:45 WIB

Negara dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat, Ada Israel

Terdapat sejumlah negara dengan tingkat pertumbuhan Muslim tercepat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sejumlah negara dengan tingkat pertumbuhan Muslim tercepat. Umat Islam di St.Petersburg, Rusia.
Foto: AP/Dmitri Lovetsky
Terdapat sejumlah negara dengan tingkat pertumbuhan Muslim tercepat. Umat Islam di St.Petersburg, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Populasi Muslim dunia tumbuh baik dalam jumlah absolut maupun secara relatif sebagai bagian dari semua orang di dunia.

Forum Religion & Public Life Pew Research Center telah membuat laporan tentang pertumbuhan muslim tercepat di berbagai belahan dunia.

Laporan tersebut berupaya untuk memberikan perkiraan terkini tentang jumlah Muslim di seluruh dunia pada tahun 2010 dan untuk memproyeksikan pertumbuhan populasi Muslim dari 2010 hingga 2030.

Jumlah Muslim diperkirakan akan meningkat sekitar 35 persen dalam dua dekade mendatang, meningkat secara absolut dari 1,6 miliar menjadi sekitar 2,2 miliar orang pada 2030. 

 

Di Eropa misalnya, ada beberapa negara yang telah memiliki populasi Muslim selama berabad-abad, dimana pertumbuhan mereka tidak didorong kedatangan imigran, tetapi oleh populasi lokal yang telah ada selama berabad-abad, seperti di Rusia, Kosovo, dan Albania

Sementara itu, Asia memiliki perbedaan besar dalam populasi Muslim. Misalnya, negara Muslim saat ini yang diproyeksikan sebagai negara populasi Muslim terbesar pada 2030 adalah Pakistan.

Namun di Benua India, ada negara yang populasi Muslimnya juga diprediksikan meningkat yaitu meski minoritas di sana, yaitu India. Pertumbuhannya hingga 16 persen pada 2030.  

Di antara populasi Muslim yang tumbuh paling cepat di kawasan Asia-Pasifik adalah Selandia Baru dan Australia, keduanya didorong masuknya imigran baru. Sementara Afghanistan juga meningkat hanya bedanya didorong tingkat kesuburan yang lebih tinggi dari rata-rata negara Muslim lainnya. Berikut prediksi pertumbuhan Muslim di sejumlah negara:

Amerika

Jumlah Muslim  termasuk orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat  diproyeksikan menjadi lebih dari dua kali lipat, meningkat dari sekitar 2,6 juta, atau sekitar 0,8 persen dari total populasi Amerika Serikat, pada 2010 menjadi 6,2 juta, atau 1,7 persen, pada 2030. 

Sebagian besar karena imigrasi dan kesuburan warga Muslim yang lebih tinggi dari rata-rata warga negara lainnya. Ini akan menempatkan jumlah Muslim di Amerika Serikat pada 2030 sebanyak orang Yahudi atau Episkopal di Amerika Serikat saat ini.  

BACA JUGA: Cek Fakta: Ratusan Santri Pingsan Setelah Divaksin Covid-19?

BACA JUGA: Bisakah Kita Mengubah Takdir? Ini Penjelasan Gamblang Ustadz Abdul Somad

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement