Jumat 11 Dec 2020 17:42 WIB

Harbunnas, Kota Semarang Ekspor 30 Ton Porang ke Vietnam

Ekspor pertanian subsektor perkebunan sebanyak 887 ton juga dilakukan dua hari lalu.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fuji Pratiwi
Porang. Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam.
Foto: istimewa
Porang. Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mengambil momentum Hari Perkebunan Nasional (Harbunas) ke-63 tahun 2020, Karantina Pertanian Semarang, Jawa Tengah bersama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam.

Komoditas pertanian subsektor perkebunan berupa porang putih (white konjac) yang diekspor kali ini, volumenya mencapai 30 ton dengan total nilai ekspor mencapai Rp 600 juta. "Kegiatan ini terus memperkuat kegiatan ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan asal Jawa Tengah," kata Parlin.

Baca Juga

Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang mengatakan, sebelumnya Karantina Pertanian Semarang juga telah melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan sebanyak 887 ton dengan nilai Rp 27,2 miliar pada tanggal 7 dan 8 Desember 2020 lalu.

Ia mengatakan sinergi antara Karantina Semarang bersama dengan Dinas Pertanian terkait menjadi penting. Hal tersebut dalam upaya mendorong optimalisasi ekspor berbagai komoditas pertanian maupun perkebunan yang diminati pasar internasional. Tak terkecuali dengan kegiatan ekspor komoditas porang.

Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan teknis kepada para petani porang terkait dengan peluang pasar komoditas ekspor yang laris tersebut. Ia mengajak pemangku kepentingan terkait optimalkan ekspor perkebunan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Karena sektor perkebunan mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pendapatan negara," kata Parlin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement