Sabtu 07 Nov 2020 20:51 WIB

Top! Erdogan Bantu Lunasi Utang Somalia ke IMF

Turki menjadi penolong Somalia ketika negara-negara lain menjauhkan negara miskin itu

Rep: Joko Sadewo/ Red: Elba Damhuri
 Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpidato di depan anggota parlemen partai yang berkuasa di parlemen, di Ankara, Turki, Rabu, 28 Oktober 2020.
Foto: AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpidato di depan anggota parlemen partai yang berkuasa di parlemen, di Ankara, Turki, Rabu, 28 Oktober 2020.

IHRAM.CO.ID, ANKARA -- Pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan memberikan langkah nyata dalam membantu negara lain yang sedang kesusahan. Dalam kasus ini, Presiden Erdogan mengulurkan tangan kepada Somalia yang terjerat utang.

Turki berkontribusi meringankan utang Somalia kepada Dana Moneter Internasional (IMF) dengan menjanjikan sekitar 2,4 juta dalam Special Drawing Rights (SDR), mata uang cadangan IMF.

Baca Juga

Langkah ini dilakukan di bawah Inisiatif Negara-negara Miskin Berutang Berat (HIPC), kerangka kerja yang dibuat oleh Bank Dunia dan IMF untuk membantu memberikan keringanan utang kepada negara-negara termiskin dan paling banyak utang di dunia.

Turki terlibat dalam inisiatif internasional dengan memberikan SDR ke rekening yang dikelola untuk Somalia, serta menyediakan sarana untuk memfasilitasi penggalangan dana dan pengiriman utang Somalia yang terakumulasi ke IMF.

Menurut Berita Negara Turki, IMF dan Bank Dunia pada Maret menyepakati bahwa Somalia layak mendapatkan keringanan utang di bawah inisiatif HIPC.

Artinya, utang Somalia akan berkurang dari USD5,2 miliar menjadi USD3,7 miliar.

Langkah signifikan ini akan membantu peningkatan pertumbuhan dan pengentasan kemiskinan di negara Tanduk Amerika itu.

Berkat inisiatif tersebut, Somalia akan memiliki akses ke sumber daya keuangan baru dari donor internasional, yang akan membantunya mengejar reformasi ekonomi yang diperlukan.

Turki adalah salah satu dari 116 negara pendukung yang berkontribusi pada keringanan utang ini.

Menteri Kehakiman Somalia Abdulkadir Mohamed Nur menyampaikan terima kasih kepada Turki.

"Saya sangat berterima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas dukungannya yang berkelanjutan kepada Somalia, terutama untuk reformasi ekonomi. Turki tetap menjadi sekutu kuat bagi kemajuan Somalia," cuit menteri itu di Twitter.

Selama lebih dari dua dekade, Somalia telah mengalami konflik berkepanjangan yang disertai runtuhnya supremasi hukum, institusi, layanan publik dasar, dan kontrak sosial. Akibatnya, jutaan warganya pun jatuh miskin.

Menurut IMF, hampir 70 persen orang Somalia hidup dengan kurang dari USD1,90 sehari.

Selain itu, pertumbuhan ekonominya hampir tidak mengikuti pertumbuhan populasi, yang diperkirakan hanya 2,8 persen per tahun.

BACA JUGA: Yusril Tegaskan Wajar Presiden Tak Baca Apa yang Ditandatangani

Sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/turki-bantu-ringankan-utang-somalia-ke-imf-/2035117

ADA APA dengan DONALD TRUMP dan Pilpres Amerika? Ikuti Kisahnya di Tautan Ini

sumber : Anadolu/Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement