Kamis 08 Oct 2020 16:34 WIB

Jawaban Alquran Terhadap Orang yang Zalim

Allah memberi ancaman terhadap orang zalim.

Jawaban Alquran Terhadap Orang yang Zalim. Ilustrasi
Foto: Antara
Jawaban Alquran Terhadap Orang yang Zalim. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Alquran Surat Asy-Syura Ayat 42, Allah mengancam orang yang zalim dengan siksaan yang pedih. Berikut petikan ayatnya beserta tafsirnya.

إِنَّمَا ٱلسَّبِيلُ عَلَى ٱلَّذِينَ يَظْلِمُونَ ٱلنَّاسَ وَيَبْغُونَ فِى ٱلْأَرْضِ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ 

Baca Juga

"Innamas-sabīlu 'alallażīna yaẓlimụnan-nāsa wa yabgụna fil-arḍi bigairil-ḥaqq, ulā`ika lahum 'ażābun alīm."

Terjemahan: "Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih."

  • Tafsir Al-Muyassar/Kementerian Agama Arab Saudi

Dosa hanya dipikul oleh orang-orang yang melakukan pelanggaran terhadap manusia secara zhalim dan permusuhan serta melebihi batas yang tidak Dia izinkan. Mereka membuat kerusakan di muka bumi tanpa hak, mereka akan mendapatkan azab yang menyakitkan dan pedih di hari kiamat.

  • Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI

Sesungguhnya jalan untuk menyatakan kesalahan dan perbuatan dosa hanya ada pada orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa mengindahkan kebenaran. Mereka itu mendapat siksa yang pedih atas perbuatan mereka di hari akhirat kelak. 43. Akan tetapi, barang siapa bersabar terhadap kezaliman dengan tidak melakukan pembalasan atas kezaliman itu dan memaafkannya, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia. 

https://tafsirweb.com/9132-quran-surat-asy-syura-ayat-42.html

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement