Selasa 25 Aug 2020 04:55 WIB

Mengupas Kisah Terciptanya Ilmu Gramatikal Bahasa Arab

Sejarah terciptanya ilmu gramatikal bahasa Arab berasal dari kisah Abu Aswad Ad-Duali

Mengupas Kisah Terciptanya Ilmu Gramatikal Bahasa Arab
Foto: Muhammad Rizki Triyana (Republika TV)
Mengupas Kisah Terciptanya Ilmu Gramatikal Bahasa Arab

REPUBLIKA.CO.ID,

Pentingnya Bahasa Arab

Baca Juga

Allah SWT telah memberikan nikmatnya kepada umat manusia dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk menebarkan rahmat kepada mahluknya secara universal. Ialah pemimpin dan penutup para nabi-nabi Allah terdahulu. Diturunkan kepadanya wahyu, ialah orang Arab yang memiliki kefasihan dalam berbicara, tidak terdapat keburukan atau kejelekan dalam dirinya dari apa yang telah diwahyukan Allah kepadanya.

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia di muka bumi ini, karena Al-Qur’an pedoman kitab suci umat Islam diturunkan dengan bahasa Arab, dan seseorang tak akan pernah mampu memahami pesan dan hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya kecuali jika ia paham akan bahasa tersebut. Selain itu, bahasa Arab juga memiliki gramatikal yang indah serta retorika yang elegan dalam penggunaannya. Ia memiliki peranan yang sangat signfikan akan perkembangan agama Islam sejak zaman dahulu kala. Oleh sebab itu, Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk mencintai bahasa Arab sebagaimana yang dikatakan dalam sabdanya:

أحبوا العرب لثلاث: لأني عربي والقرآن عربي وكلام أهل الجنة عربي (رواه الطبراني والبيهقي)

“Cintailah bahasa Arab karena 3 hal: karena sesungguhnya Aku adalah orang Arab, dan Al-Qur’an diturunkan menggunakan bahasa Arab, dan Bahasa para penghuni surga adaah bahasa Arab.” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Tidak hanya bahasa Arab saja yang nabi anjurkan kepada kita, akan tetapi menganjurkan juga untuk mencintai orang-orang yang berasal dari bangsa Arab, karena dari sanalah nabi berasal. Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ أَحَبَّ اْلعَرَبَ فَبِحُبِّيْ أَحِبَّهُمْ وَمَنْ أَبْغَضَ اْلعَرَبَ فَبِبُغْضِيْ أَبْغَضَهُم (رواه الحاكم وابن عساكر)

”Barangsiapa mencintai orang-orang arab, maka lantaran cintaku, ia mencintai mereka, dan barangsiapa membenci orang-orang arab, maka lantaran benciku, ia membenci mereka”. (HR. Imam Hakim dan Imam Ibnu Asakir).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda:

إن لواء الحمد يوم القيامة بيدي وإن أقرب الخلق من لواء يومئذ العرب

“Sesungguhnya panji pujian akan berada di tanganku pada hari kiamat, dan kaum yang paling dekat dengan panji tersebut ketika itu ialah bangsa Arab.”

Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah turunkan Al-Qur’an kepada kalian dengan menggunakan bahasa Arab agar kalian semua berfikir.” (QS: Yusuf:2)

Sayyidina Umar bin Khattab r.a pernah mengatakan:

تعلموا العربية فإنها من دينكم، وتعلموا الفرائض فإنها من دينكم

“Pelaharilah oleh kalian bahasa Arab karena itu adalah sebagian dari Agama kalian, dan pelajarilah oleh kalian ilmu waris karena itu adalah sebagian dari Agama kalian.”

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement