Sabtu 01 Aug 2020 08:20 WIB

Kementerian: Perpindahan Jamaah ke Makkah Berjalan Lancar

Jamaah mengelilingi Kabah sesuai jalur yang ditetapkan sembari menjaga jarak fisik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nidia Zuraya
 Sejumlah calon jamaah haji  mengelilingi Ka
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Sejumlah calon jamaah haji mengelilingi Ka

REPUBLIKA.CO.ID, MINA -- Jamaah haji 2020 telah menyelesaikan setengah ritual haji mereka. Usai menghabiskan hari di Gunung Arafah dan bermalam di Muzdalifah, jamaah akan melanjutkan perjalanan ke Makkah melalui Mina.

Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan berhasil memindahkan jamaah dari Muzdalifah ke Mina dengan lancar, Jumat (31/7) kemarin. Di lokasi ini, jamaah akan melempar kerikil ke arah grand Jamarat Al-Aqabah.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Press Agency, Sabtu (1/8), setelah melempar Jumrah, jamaah menuju Masjidil Haram, tempat Ka'bah berada. Di sana jamaah haji melakukan tawaf Ifadah, salah satu rukun Islam yakni mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.

Dalam prosesinya, diterapkan protokol yang sama dengan saat tawaf Qudum atau tawaf kedatangan di hari pertama haji. Jamaah mengelilingi Kabah sesuai dengan jalur yang ditetapkan sembari menjaga jarak fisik (physical distancing).

 

Kementerian menambahkan, setelah menyelesaikan ritual haji dalam suasana yang penuh dengan spiritualitas, keamanan dan iman, para peziarah kembali dari Makkah ke lembah Mina untuk tinggal selama dua hari mendatang sesuai tradisi Nabi Muhammad SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement