Kamis 16 Jul 2020 06:33 WIB

Ini Masjid dan Situs yang Berada di Dekat Masjid Nabawi

Nabi Muhammad pernah bersujud sangat lama di Masjid As Sajadah.

Rep: Zainur Mahsir/ Red: Muhammad Fakhruddin
Masjid Nabawi, Madinah, tampak makin indah dengan sinar lampu yang menyala pada Ahad (8/9) malam. Jamaah haji Indonesia yang melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi makin berkurang karena mayoritas sudah kembali ke Tanah Air.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Masjid Nabawi, Madinah, tampak makin indah dengan sinar lampu yang menyala pada Ahad (8/9) malam. Jamaah haji Indonesia yang melaksanakan shalat arbain di Masjid Nabawi makin berkurang karena mayoritas sudah kembali ke Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Selama mengunjungi Arab Saudi untuk berbagai keperluan, Madinah merupakan tempat yang wajib dikunjungi. Terlebih, jika tujuannya adalah untuk beribadah.

Namun demikian, nyatanya, bukan hanya Masjid Nabawi saja yang berada di tanah suci itu. Di sekitar lokasi masjid Nabawi, terdapat banyak bangunan bersejarah dalam perkembangan Islam, khususnya masjid di Madinah.

Mengutip buku Peta Perjalanan Haji dan Umroh karangan Guz Arifin, ada beberapa masjid di sekitar Masjid Nabawi yang memilki sejarah cukup panjang.

 

Masjid Abu Bakar As Shidiq

Masjid ini dibangun/direnovasi oleh Umar bin Abdul Aziz (87-93 H/ 706-712 M). Lalu, pada 1254 H/1838 M, masjid tersebut direnovasi oleh Sultan Ottoman Mahmud II.

 

Masjid Ghamamah (gumpalan awan)

Masjid Al-Ghamamah (Masjid Mushola atau Masjid Awan) dibangun/direnovasi oleh Sultan Ottoman, Abdul Majid pada 1275 H/1858M.

 

Masjid tersebut terletak di sebelah barat daya Masjid Nabawi.

Jika ditilik lebih jauh, lokasi itu kerap kali dijadikan tempat sholat Ied oleh Rasulullah. Alasan diberi nama Ghamamah, juga karena Rasulullah, sebab, setiap kali beliau shalat di sana, lokasi tersebut senantiasa dinaungi awan.

 

Masjid Umar Ibn Khattab

Masjid ini dibangun oleh Syamsudin Muhammad bin Ahmad As-Salawi (805H/1446M). Hingga akhirnya direnovasi oleh Sultan Ottoman Mahmud II (1254H/1838M) dan dilanjutkan oleh putranya, Sultan Abdul Majid I (1266H/1849M).

 

Masjid Utsman Ibn Affan

Masjid ini dibangun pada 1404 H.

 

Masjid Bilal

Masjid ini didirikan oleh Syaikh Muhammad Husein Abu Al Ula pada awal abad 15 Hijriah. Masjid yang tergolong baru ini, belum memiliki catatan sejarah lebih lanjut.

 

Masjid As Sajadah (Masjid Abu Dzar)

Masjid ini diberi nama AS Sajadah, dengan alasan, di lokasi itu, Nabi Muhammad pernah bersujud sangat lama dan membuat risau sahabat Abdurrahman bin Auf.

 

Masjid Ijabah

Masjid ini terletak sekitar 600 meter di sebelah Barat Daya Masjid Nabawi, di tepi jalan Syarik Syittin.

 

Masjid Abu Dzar Al-Ghifari

Tak hanya masjid-masjid kecil yang mengelilinginya, Masjid Nabawi juga memiliki tempat-tempat penting lainnya. Bahkan, jika sedang berada di Masjid Nabawi, tempat-tempat tersebut bisa dikunjungi dengan berjalan kaki.

Mengutip buku Tempat-tempat Ziarah di Kota Madinah karangan M Julius, berikut adalah lokasi penting di sekitar Masjid Nabawi yang patut dikunjungi.

Makam Baqi’

Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi penduduk Madinah, atau bagi jamaah haji yang meninggal di Kota Madinah.

Makam ini telah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Lokasinya, terletak di sebelah tenggara Masjid Nabawi dengan luas 56 ribu meter persegi.

Taman Tsaqifah Bani Saidah

Taman ini merupakan tempat berkumpulnya kaum Anshar saat meninggalnya Rasulullah. Di lokasi ini, saat itu, mereka membicarakan siapa pengganti kepemimpinan sepeninggal Rasulullah SAW.

Setelah terjadi perdebatan anatar Anshar dan Muhajirin yang menjurus ke perpecahan umat Muslim, maka dicapai kesepakatan bahwa sebagai pengganti Rasulullah adalah khalifah Abu Bakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement