Kamis 04 Jun 2020 16:30 WIB

Positif Covid-19 Bertambah 585 Kasus, Kalsel yang Tertinggi

Kalsel menjadi provinsi yang tertinggi pertama hari ini dengan 109 kasus.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Ahad (22/3/2020).
Foto: ANTARA/dhemas reviyanto
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Ahad (22/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 585 kasus pada Kamis (4/6) pukul 12.00 WIB. Sehingga total kasus positif Covid-19 di Indonesia keseluruhan berjumlah 28.818 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, hasil penambahan didapat setelah dilakukan pemeriksaan 13.206 spesimen pada hari ini atau total 367.640 spesimen secara keseluruhan hingga saat ini. "Dari pemeriksaan tersebut kita konfirmasikan bahwa terdapat kasus konfirmasi positif sebanyak 585 orang, totalnya menjadi 28.818 orang," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (4/6).

Baca Juga

Yurianto menerangkan, dari 585 penambahan kasus itu, ada beberapa provinsi yang mengalami lonjakan kasus cukup tinggi yakni Kalimantan Selatan. Kalsel menjadi provinsi yang tertinggi pertama hari ini dengan 109 kasus, menggeser Jawa Timur yang pada hari sebelumnya menempati posisi pertama dengan 183 kasus.

"Kalimantan Selatan adalah kontak erat di dua pasar yang terjadi dalam seminggu yang lalu, jumlah ini cukup banyak dan hari ini tidak ada yang dilaporkan sembuh," kata Yurianto.

 

Provinsi berikutnya yang mencatat penambahan kasus tertinggi kedua yakni DKI Jakarta dengan 94 kasus, atau meningkat dibandingkan kemarin dengan 82 kasus. Sedangkan, Jawa Timur yang dalam beberapa hari terakhir menjadi provinsi tertinggi penambahan kasus, hari ini mencatat 90 kasus penambahan.

"Kalau kita bandingkan kemarin sebenarnya mengalami penurunan tetapi secara signifikan pasien yang sembuh ada 290 untuk Jawa Timur," kata Yurianto.

Yurianto melanjutkan, provinsi lainnya yang mencatat penambahan adalah Sulawesi Selatan dengan 54 kasus, dengan tiga yang sembuh. Lalu Sumatera Utara ada 44 kasus dengan tujuh kasus sembuh.

Ia mengungkap, ada 19 provinsi dilaporkan kenaikannya dibawah 10, antara lain Jawa Barat dengan semnbila positif dan 18 sembuh, kemudian di Kalimantan Timur ada enam dilaporkan positif, tujuh sembuh. Jambi dua positif dan 10 sembuh, kemudian Kalimantan Barat tidak ada penambahan kasus tapi ada 15 yang sembuh, kemudian Kalimantan Utara tidak ada penambahan kasus, ada delaoan yang sembuh "Dan beberapa provinsi tidak ada kasus yang dilaporkan positif hari ini," kata Yurianto.

Dari jumlah tersebut, pemerintah mencatat ada penambahan jumlah pasien sembuh sebanyak 486 orang. Sehingga, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sampai saat ini mencapai 8.892 orang. Sedangkan pasien yang meninggal dunia bertambah 23 orang, menjadi total 1.721 orang.

Sementara, perkembangan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per hari ini, yang masih secara aktif dipantau sebanyak 47.373 orang. Sementara jumlah PDP yang masih diawasi secara aktif sebanyak 13.416 orang.

Sedangkan jumlah kabupaten/kota yang melaporkan terdapat kasus Covid-19 saat ini ada 418 kabupaten /kota di 34 provinsi. "Kalau kita lihat secara keseluruhan bahwa kesadaran masyarakat sudah mulai bangkit dan cukup bagus," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement