Jumat 24 Apr 2020 15:45 WIB

Puan Ajak Perempuan Gotong Royong Atasi Pandemi Covid-19

Perempuan harus berperan aktif dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan merupakan salah satu kelompok yang terdampak Covid-19. Ketua DPR Puan Maharani mengajak perempuan Indonesia  bergotong royong atasi pandemi Covid-19. 

"Usaha besar kebangsaan Indonesia itu adalah gotong royong yang merupakan jati diri asli Indonesia bagian dari DNA orang Indonesia," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/4). 

Menurutnya, perempuan bukan hanya kelompok yang terdampak besar Covid-19, namun perempuan juga memiliki peran besar dalam melawan Covid-19. Karena itu, ia berpesan, perempuan harus berperan aktif dalam mencegah  penyebaran Covid-19.Pada lingkup terkecil, menurut Puan, peran perempuan melawan pandemi covid-19 bisa dimulai dari keluarga. 

"Karena ini sangat bergantung kepada ketahanan kesehatan keluarga dan pemenuhan gizi yang seimbang," tegas perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI ini.

Bersamaan sekaligus dengan perayaan  Hari Kartini, dirinya juga mengingatkan tentang ketangguhan dan kehebatan perempuan terutama saat menghadapi virus corona. Puan mengungkapkan, secara global  70 persen tenaga medis tenaga medis yang berada di garda depan melawan corona adalah perempuan.

Bahkan, lanjut Puan, pemerintah sudah menyebutkan bahwa 60 persen dari UMKM Indonesia yang memproduksi hand sanitizer atau masker dimiliki atau dikelola oleh kaum perempuan. 

"Semua data tersebut menunjukkan bahwa perempuan bukan hanya kelompok yang terdampak besar dengan adanya Covid-19 namun perempuan juga memiliki peran besar dalam melawan Covid-19," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement