Kamis 23 Apr 2020 11:16 WIB

Siasati Kompetisi Terhenti, Ini Rencana UEFA

UEFA kemungkinan mengadopsi pendekatan sistem poin per pertandingan

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
UEFA
Foto: eufa
UEFA

REPUBLIKA.CO.ID, NYON — Komite eksekutif UEFA sedang menyusun skema bagaimana tim bisa lolos ke kompetisi Eropa musim depan. Rencana itu dibuat UEFA demi mengantisipasi liga dan piala domestik dibatalkan karena pandemi corona.

Badan sepak bola tertinggi Eropa tersebut awal bulan ini mengatakan, kalau tempat klub di Liga Champions dan Liga Europa bisa terancam jika kompetisi dihentikan secara prematur.

Namun, pendirian UEFA sempat melunak setelah asosiasi nasional awal pekan ini. UEFA masih merekomendasikan agar asosiasi nasional melakukan segala cara untuk bisa menyelesaikan kompetisi musim 2019/20.

Tapi, UEFA kini sedang mempertimbangkan skenario terburuk, sehingga ingin menyiapkan protokol bagaimana sebuah tim lolos ke kompetisi Eropa.

Dikutip dari Sportmole, Kamis (23/4), UEFA kemungkinan mengadopsi pendekatan sistem poin per pertandingan untuk memutuskan siapa yang lolos dari liga yang dihentikan.

Sementara asosiasi nasional mungkin juga memberikan usulan mereka sendiri ke UEFA, untuk memutuskan peserta yang lolos dari kompetisi non-liga.

Saat panduan selesai dibuat, asosiasi yang pertama menerapkan protokol itu adalah Liga Sepak Bola Profesional Skotlandia, dimana divisi Premiership sudah diakhiri.

Divisi terendah di Skotlandia juga telah mengurangi jumlah pertandingan mereka. Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon memperingatkan kalau event olahraga tidak akan dimulai dalam waktu dekat, walaupun tanpa penonton.

Sementara Belgia selangkah lagi mengumumkan Liga Pro musim ini. Selain itu, keputusan Pemerintah Belanda untuk memperpanjang larangan event olahraga dan seni sampai 1 September, bisa membuat Eredivisi dihentikan.

Kelompok kerja UEFA masih sibuk menyusul opsi jadwal pertandingan, dan berkomitmen menyelesaikanna pada pertengahan Mei. Harapannya adalah liga dan piala domestik bisa rampung pada Juni dan Juli, sehingga Agustus sudah bisa menutup musim 2019/20 dengan Liga Champions dan Liga Europa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement